Sukses

Mengatasi Wajah Berminyak

10 Jul 2018, 03:31 WIB
Wanita, 16 tahun.

Dok saya mau tanya masalah kulit wajahh kulit wajah saya berminyak sekali tapi sekali nya pakai produk kecantikan untuk mengurangi minyak langsung kering banget.. Terus juga berkomedo, banyak bintik kecil kecil tpi kaya jerawat gituu cuman gaada darahnya, trs ada juga yv bentuk kecil tpi dia warna putihputih gitu deh dan klo dipecahin ada airnyaa... Trs juga kulitku ga kencang... Banyak bekas jerawat pulaa... Kirakira bahan alami untuk mengatasinya apa yaa???

Terimakasih telah bertanya melalui fitur Tanya Dokter.

Produk yang kurang tepat untuk mengatasi wajah yang berminyak justru dapat memicu timbulnya jerawat dan komedo. Ini karena sampai batas tertentu, kulit wajah membutuhkan lapisan kulit alami yang berfungsi sebagai pertahanan dari kuman dan penyebab lain jerawat.

Oleh sebab itu, sebaiknya Anda mendatangi dokter ahli kulit dan kecantikan untuk mendapatkan pengobatan yang tepat. Perlu diketahui dulu jenis kulit Anda dan bila ada jerawat, jenisnya apa. Regimen pengobatan untuk tiap individu berbeda-beda dan disesuaikan berdasarkan jenis kulit dan jerawatnya.

Secara umum, berikut adalah tips-tips untuk mengurangi dan mencegah jerawat:

  1. Kurangi stres dengan menambah jam tidur.
  2. Batasi konsumsi makanan yang mengandung karbohidrat, terlalu berminyak, dan pedas.
  3. Ambil waktu rutin untuk berolahraga.
  4. Minum air putih 8-10 gelas/hari.
  5. Gunakan sunscreen, jika Anda mudah berjerawat, cari yang mengandung bahan kimia seperti avobenzone, oxybenzone, methoxycinnamate octocylene, dan zinc oxide. Pastikan terdapat label noncomedogenic.
  6. Tingkatkan konsumsi asam lemak Omega-3, yang bisa didapat dari suplemen atau makanan seperti alpukat, salmon, dan tuna.
  7. Cuci muka, punggung, leher atau dada dengan sabun khusus jerawat atau sabun bayi 2-3x sehari terutama setelah beraktivitas/berkeringat dan setiap habis bepergian dari luar rumah.
  8. Bersihkan kulit Anda 3-4x/minggu dengan scrub khusus wajah, untuk mengangkat sisa-sisa kulit kering agar tidak menutup pori-pori.
  9. Bersihkan ponsel Anda secara rutin dari kuman.

Untuk mengatasi bekas jerawat, cara yang dipilih tergantung dari luas serta kedalaman bekas jerawat. Pada keadaan ringan, bekas jerawat dapat memudar hanya dengan pemberian hidrokuinon 2% (termasuk dalam dosis aman). Krim ini hanya dioleskan tepat pada daerah bekas jerawat. Selain itu, bekas jerawat juga dapat disamarkan dengan cara pemberian krim malam yang umumnya mengandung asam retinoat yang diresepkan oleh dokter spesialis kulit dan kelamin. Cara lain dengan prosedur chemical peeling

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan. Semoga bermanfaat. (FA)

    0 Komentar

    Belum ada komentar