Sukses

Suka Menarik Rambut, Bahayakah?

10 Jul 2018, 03:30 WIB
Wanita, 30 tahun.

Dok. Maaf saya mau tanya apakah berbahaya menarik rambuk sampai bunyi"tok". Setiap saya sakit kepala selalu saya tarik sampai bunyi itu membuat kepala saya ringan dan kepala jadi sembuh. Ada lagi saya suka mencabut rambut hingga kini kepala saya jadi agak botak di depan... Tp sekarang sudah tumbuh dok. Tp masih sering saya cabuti..... Apakah berbahaya dok???

Terimakasih telah bertanya melalui fitur Tanya Dokter.

Trikotilomania merupakan perilaku menarik rambut berulang kali sehingga putus baik rambut pada kepala, wajah, ketiak, dada, kemaluan, maupun rambut pada kaki. Kondisi ini merupakan suatu gangguan psikologis dan harus segera diatasi. Hal ini sering terjadi pada wanita muda dengan stres atau gangguan emosional.

Untuk mengatasinya, kami menyarankan Anda untuk berkonsultasi secara langsung dengan dokter spesialis kesehatan jiwa. Dokter akan mewawancarai anda lebih mendalam untuk menggali apa penyebab anda melakukan hal tersebut. Selanjutnya dokter akan memberikan suatu psikoterapi serta terapi obat agar Anda dapat mengendalikan keinginan untuk mencabut rambut.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan. Semoga bermanfaat. (FA)

    0 Komentar

    Belum ada komentar