Sukses

Plasenta Menutupi Jalan Lahir

10 Jul 2018, 03:05 WIB
Wanita, 25 tahun.

Dok saya mau tanya, kenapa hamil dengan plasenta previa totalis itu tidak bisa lahiran normal? Dan apakah hamil dengan plasenta previa tersebut ada pembukaan dok? Tlong jelaskan dok, terimakasih dok

Terimakasih telah bertanya melalui fitur Tanya Dokter.

Plasenta yang menutupi jalan lahir disebut juga plasenta previa. Bergantung pada jarak plasenta dari jalan lahir (menutupi jalan lahir secara total, sebagian, atau hanya berada dekat dengan jalan lahir) masih terdapat kemungkinan untuk melahirkan secara normal.

Namun apabila plasenta menutup jalan lahir secara total saat trimester ketiga kehamilan, maka tidak mungkin lahir normal karena bayi terhalang plasenta. Perdarahan yang muncul juga dapat hebat sehingga diperlukan operasi caesar. Pembukaan dan yang lainnya tetap bisa terjadi.

Risiko lain dari plasenta previa totalis yakni lahir sebelum waktunya oleh karena ada risiko hambatan pertumbuhan janin akibat asupan nutrisi melalui plasenta yang kurang adekuat, atau akibat tekanan kepala janin yang menekan plasenta sehingga aliran darah tidak lancar. Meski demikian, ini tidak selalu. Banyak wanita hamil dengan plasenta previa totalis tetap dapat melahirkan bayi cukup bulan yang sehat.

Agar kehamilan Anda selalu sehat, pastikan kontrol rutin dengan dokter sesuai jadwal yang telah ditetapkan.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan. Semoga bermanfaat. (FA)

    0 Komentar

    Belum ada komentar