Sukses

Ukuran Payudara Besar Sebelah

10 Jul 2018, 03:05 WIB
Wanita, 20 tahun.

Selamat malam dok, mau tnya soal payudara..jadi paydra saya itu lebih besar sebelah kiri dan sangat trlihat perbedaanya, payudra sebelah kanan saya juga kadang nyeri..prnah saya priksa dan disebelah kiri bawah dari payudara kanan ada benjolan didalam kecil dan bisa digerakkan.. rsa nyeri ini datang diwktu" trtntu dok. Jadi ini apa dan harus gmna ya dok? Trims

Terimakasih telah bertanya melalui fitur Tanya Dokter.

Perlu diketahui sebelumnya bahwa struktur anatomi tubuh manusia memiliki beberapa variasi bentuk yang normal ditemukan. Dalam satu individu sekalipun, variasi ini dapat ditemukan seperti testis kiri tampak lebih turun dibandingkan yang kanan pada laki-laki, atau payudara kiri tampak lebih besar dibandingkan kanan pada perempuan. Selama perbedaan ini tidak mencolok (< 50% antara sisi kanan dengan sisi kiri) dan tidak terdapat keluhan, maka kondisi ini dapat dikatakan normal.

Baca juga: Ukuran Payudara Kiri dan Kanan Berbeda, Normalkah?

Mengenai nyeri yang terjadi juga perlu ditelusuri, apakah disertai dengan adanya benjolan yang teraba di payudara. Apakah payudara Anda membesar secara menyeluruh atau hanya bagian tertentu (yang berarti ada benjolan). Bila ada benjolan perlu diperhatikan hal-hal berikut:

  • Ukurannya, apakah semakin bertambah besar
  • Permukaannya: licin atau berbenjol
  • Dapat digerakkan atau tidak (menempel pada kulit)
  • Bagaimana keadaan kulit di atasnya
  • Apakah ada nyeri
  • Apakah ada pembesaran kelenjar getah bening di sekitarnya (termasuk ketiak)

Pada wanita di bawah usia 30 tahun, benjolan payudara kerap merupakan tumor jinak yang disebut fibroadenoma mammae (FAM). FAM merupakan gabungan antara jaringan glandula (kelenjar) dan fibrosa dan terjadi akibat adanya kelebihan hormon estrogen sehingga umumnya akan terjadi pembesaran atau pembentukan benjolan baru saat menstruasi atau hamil karena produksi hormon estrogen meningkat. Satu-satunya cara untuk menghilangkan tumor ini adalah dengan operasi.

Untuk memastikan kondisi Anda, sebaiknya konsultasikan dengan dokter penyakit dalam terlebih dulu. Anda pun perlu melakukan USG payudara untuk melihat benjolan tersebut.

Kami sertakan pula beberapa artikel untuk menambah informasi Anda:

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan. Semoga bermanfaat. (FA)

    0 Komentar

    Belum ada komentar