Sukses

Sering Menggaruk Hingga Luka, Normalkah?

10 Jul 2018, 02:51 WIB
Pria, 23 tahun.

Dok, saya mau tanya. Biasanya saya saat gatal2 karena sengatan nyamuk, saya selalu menggaruk2 bekas sengatan nyamuk tsb. Tetapi beda dgn yg lain, biasanya saya menggaruk selalu sampai menimbulkan luka (karena terlalu keras saat menggaruk) . Saya mau tanya, apakah ada kaitannya dengan masalah dalam mental saya, karena hampir setiap saat terkena gigitan nyamuk, selalu menggaruk dengan keras, sampai menimbulkan luka?

Terimakasih telah bertanya melalui fitur Tanya Dokter.

Menggaruk hingga luka bisa merupakan hal yang wajar bisa juga tidak. Mengapa wajar? Sebab ada siklus garuk gatal, di mana sebetulnya garukan membuat rasa gatal bertambah sehingga seseorang makin ingin menggaruk. Siklus ini berulang terus hingga titik terjadi luka dan muncul rasa nyeri yang akhirnya menghentikan siklus tersebut.

Meski demikian, bisa juga tidak wajar bila memang seseorang tidak bisa mengendalikan impuls untuk menggaruk meski sudah tahu akibatnya, yakni luka.

Namun, untuk mengatakan apakah Anda mengalami kelainan sesuatu perlu ditelusuri apakah ada keluhan-keluhan lain yang mengarah pada gangguan jiwa.

Anda perlu introspeksi terlebih dulu bagaimana selama ini? Bila memang ada keluhan-keluhan kejiwaan yang memengaruhi aktivitas dan produktivitas, bisa jadi memang ada sesuatu. Bila perlu, silakan berkonsultasi dengan psikolog atau psikiater.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan. Semoga bermanfaat. (FA)

    0 Komentar

    Belum ada komentar