Sukses

Urin Berbau Kopi

09 Jul 2018, 21:53 WIB
Pria, 31 tahun.

Mau nanya dok.. Stiap kali minum kopi instan,urinku baunya spt kopi instan.tp kalo minum kopi hitam urinya gk bau. Kira2 gmn ya dok,,terimakasih

dr. Reza Fahlevi

Dijawab Oleh:

dr. Reza Fahlevi

Terima kasih telah menggunakan fitur Tanya dokter mengenai urin berbau menyengat.

Sebagian metabolit dari makanan dan minuman kita akan dibuang melalui urin. Itu sebabnya, terkadang baru urin dapat dipengaruhi oleh apa yang kita makan/minum. Misalnya setelah makan kari, bisa saja urin agak berbau kari, apalagi setelah makan makanan yang berbau menyengat seperti jengkol/pete. 

Ada beberapa keadaan yang dapat menyebabkan urin berbau tidak sedap, misalnya makan makanan tertentu dapat menyebabkan perubahan aroma urin (petai, jengkol, durian). Kondisi kurang cairan (dehidrasi) dapat menyebabkan urin menjadi pekat dan lebih bau. Ada juga penyakit-penyakit tertentu yang dapat menyebabkan perubahan aroma urin, tetapi tentunya tidak bisa menegakkan diagnosis penyakit hanya melalui urin berbau tidak sedap.

Pada kasus Anda, jika Anda tidak nyaman dengan bau urin setelah minum kopi instan, maka hindarilah, pilihlah kopi biasa yan tidak menimbulkan bau pada urin Anda.

Kami sarankan agar anda memeriksakan diri ke dokter. Dokter akan menganjurkan pemeriksaan urin (urinalisa) untuk mengetahui penyebab keluhan anda.

Demikian informasi kami sampaikan, semoga bermanfaat.

Salam,

Tim Redaksi Klikdokter

0 Komentar

Belum ada komentar