Sukses

Hamil Setelah Nifas

09 Jul 2018, 21:22 WIB
Wanita, 23 tahun.

Selamat malam dok. Saya ingin bertanya., saya baru melahirkan anak pertama saya 3 bulan yang lalu. Setelah masa nifas, saya haid selama 3hari. Tapi sudah 2bulan belakangan ini saya belum haid lagi. Saya sudah 2x melakukan HB, yang pertama 1bln setelah masa nifas, itu dikeluarkan di luar. Sedangkan yg k.2 beberapa hari yg lalu di keluarkan di dalam sedikit. Yang mau saya tanyakan, apakah bisa menyebabkan hamil..? Karena saya tidak sepenuhnya ASI tapi campur dengan susu formula. Mohon penjelasannya. Terimakasih

dr. Reza Fahlevi

Dijawab Oleh:

dr. Reza Fahlevi

Terima kasih telah menggunakan layanan e-Konsultasi Tanya Dokter KlikDokter.com.

Kapan saat Anda bisa hamil kembali setelah melahirkan? Berikut penjelasannya:

1. Lima minggu

Pada beberapa wanita yang sangat subur dapat hamil lagi hanya 5 minggu setelah melahirkan. Ini berarti ada jeda 11 bulan antara anak kedua.

2. Setelah berhenti pendarahan

Beberapa perempuan bisa mengalami pendarahan (nifas) selama enam sampai delapan minggu setelah melahirkan. Anda bisa hamil ketika melakukan hubungan intim tanpa kondom.

3. Setelah menstruasi pertama

Dalam banyak kasus, siklus menstruasi wanita melahirkan tak normal setidaknya enam bulan setelah melahirkan. Anda mungkin berpikir Anda tak mungkin hamil karena tak menstruasi. Ini sebuah mitos yang berbahaya. Anda bisa hamil bahkan jika Anda tak menstruasi karena Anda mungkin tetap berovulasi. Bahkan, tak menstruasi mungkin menjadi pertanda Anda sedang hamil.

Demikian informasi ini kami sampaikan, semoga bermanfaat.

Salam,

0 Komentar

Belum ada komentar