Sukses

Bisul di Lutut

09 Jul 2018, 19:34 WIB
Pria, 19 tahun.

beberapa hari lalu di lutut sebelah kiri saya bengkak seperti mau tumbuh bisul.kemudian saya cari cara tradisional di google untuk bisa mencegahnya dengan cara diberi bawang putih.tetapi setelah dua hari disekitar ujung bisul tersebut semakin membengkak dan berisi darah bercampur nanah.dua hari kemudian bengkak tersebut bocor mengakibatkan cairan didalamnya keluar.setelah itu disekitar lutut saya sedikit membengkak tapi tidak terlalu besar dan ketika saya pencet bengkak itu dengan keras,ada bekas jari saya masih terlihat jelas.mohon sarannya dokter.

dr. Reza Fahlevi

Dijawab Oleh:

dr. Reza Fahlevi

Terima kasih telah bertanya di fitur Tanya Dokter

Kami mengerti kekhawatiran Anda.Bisul merupakan benjolan merah bernanah. Tidak jarang, terasa nyeri saat disentuh. Penyebab bisul yang paling sering adalah bakteri  Staphylococcus aureus. Dan bagian tubuh yang paling sering terkena serangan adalah bagian yang memiliki folikel rambut dan kelenjar minyak. Misalnya: wajah, kepala, dan ketiak.  

Pada umumnya, bisul yang berukuran kecil dapat ditangani sendiri di rumah dan jarang memerlukan penanganan oleh dokter. Jika bisul Anda termasuk kecil, berikut beberapa cara ampuh untuk membantu mempercepat penyembuhan bisul:

  • Jangan memaksa bisul untuk pecah, baik dengan jari atau alat bantu lainnya. Tindakan tersebut malah berpotensi menimbulkan infeksi baru di kulit Anda.
  • Jaga kebersihan bisul dengan baik. Rajinlah mencuci muka, khususnya jika Anda lebih sering melakukan aktivitas di luar ruangan.
  • Kompres dengan air hangat selama 20–30 menit, 3 atau 4 kali sehari. Lakukan ini segera setelah Anda melihat adanya bisul. Kompres dapat membantu mengurangi radang.
  • Untuk mencegah infeksi menyebar, jangan berbagi handuk dan lap dengan orang lain.
  • Jika Anda memiliki bisul yang besar atau sekelompok bisul, kunjungi dokter untuk penanganan yang lebih optimal. Hanya dokter yang dapat menangani bisul tipe ini dengan aman. Selain itu, bisul yang besar dapat menjadi lembut dan sulit pecah dengan sendirinya.

Dalam beberapa kasus, dokter mungkin akan meresepkan antibiotik untuk membantu membersihkan infeksi. 

0 Komentar

Belum ada komentar