Sukses

Penyebab Kencing Berdarah pada Pria

09 Jul 2018, 17:24 WIB
Pria, 20 tahun.

Dok, saya mau tanya sudah seharian ini saya buang air kecil mengeluarkan darah, dan perih sekali, penyebabnya apa ya dok ? dan apa solusinya supaya cepat sembuh ?

Terimakasih telah bertanya melalui fitur Tanya Dokter.

Kencing berdarah kerap disebabkan oleh infeksi saluran kemih atau batu saluran kemih. Bisa juga disebabkan oleh kelainan yang lebih serius seperti kelainan darah dan tumor.

Untuk menentukan penyebab pastinya, sebaiknya segera ke dokter penyakit dalam untuk dilakukan pemeriksaan dan evaluasi lanjut seperti pemeriksaan urin dan USG perut.

Bila terjadi infeksi saluran kemih biasanya ditangani dengan pemberian antibiotik sesuai dengan bakteri penyebab. Karena jika tidak diobati segera, peradangan akan terus berlanjut dan dapat mengakibatkan komplikasi pada ginjal.

Selain antibiotik, penderita infeksi saluran kemih umumnya juga diberikan obat antinyeri untuk mengurangi rasa sakit ketika berkemih. Penderita juga diminta untuk minum air putih paling sedikit 2 Liter per hari dan tidak menahan jika ingin BAK.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan. Semoga bermanfaat. (FA)

    1 Komentar

    • LA ODE FIRMAM

      dok. kenapa selalu rasa ingin buang air kecil terus menerus walau barusan buang air kecil semenit kemudian sda rasa pngen buang air kecil lagi bahkan rasa pengeng buang air kecil tdk hilang² biar sda tdk ada cairan yg keluar tetap saja rasa BAK itu ada terus. dan ketika dipaksa kencing yg keluarnya darah yg sdah kental. namun hanya setetes smpai 2 tetes darah yg keluar. mohon penjelasan apa penyebabnya dan bgaimana cara mengatasinya. trimakasih