Sukses

Penyebab Benjolan di Leher

09 Jul 2018, 17:11 WIB
Wanita, 19 tahun.

Saya sering mengalami pusing di kepala bagian kiri. Dari mulai dahi, rahang, telinga, belakang telinga, sampai leher. Ibu saya sering memberi ibuprofen, paracetamol, ataupun asam mefenamat untuk meredakan nyeri tapi jarang ada yang ampuh. Saya pergi ke dokter dan dokter mendiagnosa bahwa saya terkena migraine dan diberikan vitamin untuk syaraf serta renadinac 50mg, namun jarang ampuh. Ibu saya mencoba untuk melakukan metode kerok pada leher saya dan selalu merah seperti 'masuk angin'. Rasa sakit biasanya menyerang saat pagi dan malam hari, sakit saat malam hari biasanya sakit sekali sampai urat-urat di dahi muncul. Hari ini saya mencoba meraba leher saya dan saya merasa ada beberapa benjolan kecil di leher seperti urat atau apa, saya tidak tahu. Menurut dokter, apa penyakit saya ya dok? Dan apa yang harus saya lakukan saat ini? Terimakasih.

Terima Kasih telah mengajukan pertanyaan mengenai benjolan di leher melalui fitur Tanya dokter. 

Kami mengerti kekhawatiran Anda. Banyak kemungkinan yang dapat menyebabkan benjolan pada leher. Jadi sulit bagi kami menjelaskan penyebab pasti keluhan yang dialami dan penanganannya, jika benjolan di leher tersebut belum dipastikan penyebabnya. Benjolan leher dapat disebabkan oleh berbagai sebab:

Pembesaran kelenjar tiroid (gondok): hipertiroidisme, hipotiroidisme, tumor kelenjar tiroid

Pembesaran kelenjar getah bening: tumor kelenjar getah bening, TBC kelenjar, penyebaran kanker dari tempat lain, infeksi bakteri

Pembesaran kelenjar air liur: parotitis, tumor parotis

Bisul (abses), biasanya disertai dengan keluhan nyeri, warna kemerahan

Tumor lemak (lipoma)

Penyebab paling sering benjolan di leher adalah pembesaran kelenjar getah bening karena infeksi (misalnya saat sedang batuk pilek), benjolan ini bisa menghilang dengan sendirinya.

Untuk memastikan keluhan Anda, kami sarankan Anda untuk melakukan pemeriksaan fisik langsung ke dokter agar dapat dilakukan pemeriksaan fisik menyeluruh dan mendapatkan penanganan yang optimal. 

Demikian informasi ini kami sampaikan, semoga bermanfaat.

 

    0 Komentar

    Belum ada komentar