Sukses

Penyebab Nyeri Dada dan Sesak Nafas

09 Jul 2018, 17:09 WIB
Pria, 16 tahun.

Malam dok, maaf saya mengulangi pertanyaan saya karena akun yang sebelumnya tidak dapat dibuka. Saya ingin bercerita sebelumnya, Saat saya kelas 1 smp, saya sering merasa cepat menggigil dan pucat saat pengambilan nilai renang Saat saya kelas 2 smp, saya pernah kedinginan hingga mengenakan 3 jaket saat sedang study tour ke Bogor. Saat itu detak jantung dan nafas saya sangat cepat Saat kelas 3 smp, saya mengalami nyeri dada sebelah kiri agak kebawah, detak jantung dan nafas saya cepat, dan saya keringat dingin Dan sekarang hal itu semakin sering saya rasakan. Tidak hanya saat saya kediginan, tapi juga saat saya telat makan, kecapean, atau bahkan saat sedih dan cemas (saat merasakan emosi yang memacu detak jantung). Yang saya rasakan berupa sulit bernafas, detak jantung cepat, lemas, capek, pegal, keringat dingin, hingga nyeri dada. Nyeri dada nya lebih sering di bagian kiri ketimbang kanan(terhitung hanya 2 kali), tapi pernah juga sekali kedua2nya sakit. Rasa sakitnya juga lain2, kadang agak keatas, bawah, atau juga samping payudara. Tidak jarang juga kalau semua terasa sakit. Seperti ada sesuatu didalamnya, terkadang seperti berat, terkadang seperti kram, terkadang juga seperti ditusuk. Rasa sakitnya juga bisa bertambah saat saya mengubah posisi tubuh atau menarik nafas. Terkadang juga bisa berkurang saat saya menekannya. Sejauh ini saya mengatasinya dengan teh hangat, minyak angin, atau mengalihkannya dengan tidur. Saya bingung, banyak yang berpendapat bahwa itu karena maag, tapi saya lebih merasa bahwa itu karena udara dingin. Tapi saya sendiri juga masih bingung. Tolong pendapatnya dok. terima kasih

Terimakasih telah bertanya melalui fitur Tanya Dokter.

Kami memahami kondisi Anda.

Jantung berdebar bisa merupakan tanda adanya masalah pada organ jantung secara langsung. Tetapi lebih sering disebabkan oleh penyebab lain seperti:

  1. Adanya serangan panik, rasa khawatir, takut, stres. (Baca: Serangan Panik Vs Serangan Cemas)

  2. Kondisi anemia (kurang darah) dan tekanan darah rendah (Baca: Tekanan Darah Rendah dan Kurang Darah, Kenali Perbedaannya)

  3. Latihan fisik yang terlalu berat.

  4. Konsumsi kafein (kopi), nikotin (rokok), alkohol, obat flu.

  5. Penyakit tiroid, kadar gula darah yang rendah, kurang darah (anemia), tekanan darah rendah, demam atau dehidrasi (kekurangan cairan)

  6. Perubahan hormon seperti selama menstruasi, kehamilan.

  7.  Obat-obat pelangsing dan obat asma.

  8.  Suplemen herbal dan nutrisi tertentu.

  9. Kadar elektrolit dalam darah yang tidak seimbang/normal.         

Untuk mengatasinya dapat Anda baca di sini: 6 Cara Cepat Mengatasi Jantung Berdebar.

Bila kondisi ini telah Anda alami berhari-hari bahkan bertahun-tahun, perlu diketahui jelas apa penyebabnya.

Terkait penyebab nyeri dada bisa Anda baca di sini: Berbagai Penyebab Nyeri Dada

Kami sarankan agar Anda memeriksakan diri ke dokter penyakit dalam terlebih dahulu.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan. Semoga bermanfaat (FA)

    0 Komentar

    Belum ada komentar