Sukses

Jantung Berdebar, Nyeri Dada dan Sesak Nafas

09 Jul 2018, 17:09 WIB
Pria, 16 tahun.

Malam dok, saya mau meminta penjelasan mengenai nyeri dada dan sesak nafas. pertama yang saya rasakan itu sejak saya kelas 7, setiap ada jadwal pengambilan nilai renang jam 8 pagi, saya selalu cepat menggigil dan pucat. saat saya study tour di kelas 8, saya berkunjung ke bogor dan \pada malam hari di bis saya sempat kedinginan hingga mengenakan 3 jaket. saat itu yang saya rasakan, nafas saya terengah2, dan jantung saya berdebar2. saat kelas 9, dipagi hari tiba2 dada sebelah kiri saya sakit. jantung saya berdebar2, nafas ngos2an, pucat, dan keringat dingin. lalu teman saya membuat kan saya teh hangat dan beberapa menit kemudian rasa sakit itu mereda. dan yang saya rasakan hingga sekarang justru semakin sering seperti itu, tidak hanya saat cuaca dingin, tapi juga saat saya telat makan, merasakan sedih, dan juga saat kecapean. rasa nyerinya lebih sering disebelah kiri, terkadang agak kebawah, terkadang agak ke tengah, terkadang agak keatas, terkadang juga sampai seluruh bagian dada kiri saya. kalau posisi saya diubah, atau mengambil nafas dalam, rasa sakitnya suka bertambah. sebenarnya ini penyebabnya apa ya dok?dan tindakan seperti apa yg harus saya ambil?terimakasih dok

Terimakasih telah bertanya melalui fitur Tanya Dokter.

Kami memahami kondisi Anda.

Jantung berdebar bisa merupakan tanda adanya masalah pada organ jantung secara langsung. Tetapi lebih sering disebabkan oleh penyebab lain seperti:

  1. Adanya serangan panik, rasa khawatir, takut, stres. (Baca: Serangan Panik Vs Serangan Cemas)

  2. Kondisi anemia (kurang darah) dan tekanan darah rendah (Baca: Tekanan Darah Rendah dan Kurang Darah, Kenali Perbedaannya)

  3. Latihan fisik yang terlalu berat.

  4. Konsumsi kafein (kopi), nikotin (rokok), alkohol, obat flu.

  5. Penyakit tiroid, kadar gula darah yang rendah, kurang darah (anemia), tekanan darah rendah, demam atau dehidrasi (kekurangan cairan)

  6. Perubahan hormon seperti selama menstruasi, kehamilan.

  7.  Obat-obat pelangsing dan obat asma.

  8.  Suplemen herbal dan nutrisi tertentu.

  9. Kadar elektrolit dalam darah yang tidak seimbang/normal.         

Untuk mengatasinya dapat Anda baca di sini: 6 Cara Cepat Mengatasi Jantung Berdebar.

Bila kondisi ini telah Anda alami berhari-hari bahkan bertahun-tahun, perlu diketahui jelas apa penyebabnya.

Kami sarankan agar Anda memeriksakan diri ke dokter penyakit dalam terlebih dahulu.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan. Semoga bermanfaat (FA)

    0 Komentar

    Belum ada komentar