Sukses

Pemakaian Bra Terlalu Ketat

09 Jul 2018, 15:53 WIB
Pria, 16 tahun.

Dokter apakah pemakain bra yang terlalu menempel pada bagian dada bisa menyebabkan penyakit tertentu?

dr. Reza Fahlevi

Dijawab Oleh:

dr. Reza Fahlevi

Terima kasih telah menggunakan layanan Tanya Dokter KlikDokter.com.           

Beberapa hal yang bisa timbul karena pemakaian bra yang terlalu ketat:

1.     PUSING SAKIT KEPALA

Memakai bra yang terlalu ketat dapat menyebabkan sakit kepala seharian. Jadi jika Anda sering mengalami sakit kepala, tegang di kepala dan sulit konsentrasi, bisa jadi bukan karena gangguan di kepala atau masalah kesehatan lain, tetapi karena bra yang ANda pakai terlalu sempit.Masalah ini dapat disebabkan karena tekanan pada pundak, leher dan punggung lebih besar. Akibatnya, peredaran darah tidak lancar, timbul ketegangan yang menyebabkan sakit kepala. Maka, pakailah bra yang pas dan nyaman. Peredaran darah lebih lancar dan masalah pusing dapat hilang.

2.     SAKIT PUNGGUNG DAN TUBUH BUNGKUK

Jika Anda memiliki payudara ukuran sedang hingga besar, sangat penting memilih bra yang dapat menopang dengan nyaman. Bra yang terlalu sempit tidak memberikan penopang yang nyaman, sehingga bagian punggung lebih tertarik, akibatnya, punggung mudah pegal dan sakit. Jika dipakai dalam jangka waktu lama, postur tubuh Anda bisa membungkuk.

Jika Anda memiliki payudara ukuran sedang hingga besar, gunakan bra dengan tali lebar di bagian bahu. Pastikan juga Anda memakai bra dengan pengait yang nyaman dan lebar, sehingga payudara dapat ditopang sempurna. Punggung dan payudara lebih terasa nyaman.

3.     NYERI BAHU DAN LENGAN

Sama halnya seperti masalah punggung, tali bra yang terlalu kecil tidak cocok untuk pemilik payudara ukuran sedang dan besar. Jika Anda memakai tali bra yang terlalu tipis dan kecil, tekanan pada bahu dan lengan bagian atas lebih besar, sehingga timbul rasa nyeri dan susah bergerak.Karena itu, pilih tali bra yang sesuai dengan kebutuhan Anda. Payudara besar lebih cocok ditopang dengan tali bra yang lebih lebar. Pastikan Anda memakai bra dengan tali bahu yang nyaman dan lembut, beberapa bra murah memiliki tali yang kasar sehingga membuat iritasi bahu.

4.     SAKIT DAN NYERI PERUT

Sama halnya seperti sakit kepala, bra yang terlalu ketat bisa menyebabkan masalah kesehatan lain, yaitu sakit perut. Mungkin fakta ini cukup aneh, tetapi benar dan sudah dibuktikan dalam beberapa penelitian. Salah memakai bra dan terlalu ketat dapat menyebabkan masalah pencernaan dan sakit perut.Jika bra Anda terlalu ketat, tulang rusuk dan bagian atas organ pencernaan Anda terhimpit. Hal ini bisa memberi rasa yang sangat tidak nyaman pada bagian perut, kadang timbul rasa nyeri setelah makan. Selain itu, masalah kesehatan yang lebih serius bisa terjadi, karena bagian dalam tubuh yang terhimpit terus menerus bisa mengalami kerusakan.

 Untuk terapinya sebaiknya periksakan diri Anda secara langsung terlebih dahulu untuk mengetahui atau mendapatkan kepastian bahwa tidak ada perubahan posisi pada tulang rusuk Anda.                            

Demikian informasi ini kami sampaikan, semoga bermanfaat.

0 Komentar

Belum ada komentar