Sukses

Gatal dan Bengkak di Kelamin

09 Jul 2018, 15:52 WIB
Pria, 1990 tahun.

Asalamualaikum, Selamat malam dok, Mau tanya dok, ada gatal bengkak dan berair di bagian kelamin, dan bengkak sedikit disertai lecet dok,tetapi untuk BAK tidak masalah,hanya gatal nya tidak tertahankan kalau lagi gejala, tp terkadng tidak gatal. Mohon solusinya dok, adakah obat yg dapat saya beli di apotek. Terimakasih dok. Asalamuakaikum. Selamat malam.

dr. Reza Fahlevi

Dijawab Oleh:

dr. Reza Fahlevi

Terima kasih telah bertanya tentang gatal dan bengkak di kemaluan melalui fitur Tanya Dokter. 

Gatal pada daerah kelamin dapat disebabkan oleh berbagai macam penyebab, misalnya infeksi jamur, bakteri, ataupun alergi karet atau bahan celana dalam. Apabila Anda sudah pernah berhubungan seksual, juga dapat disebabkan oleh penyakit menular seksual. Untuk memastikan penyebab keluhan Anda diperlukan pemeriksaan fisik atau dapat juga diperlukan pemeriksaan tambahan seperti cek lab atau kerokan kulit. Maka dari itu, kami mengusulkan Anda memeriksa ke dokter spesialis kulit dan kelamin atau dokter terdekat di Puskesmas daerah Anda.

Jika memang penyebabnya adalah jamur, maka harus diingat bahwa jamur mudah terjadi apabila lingkungan di sekitar kemaluan anda lembab. Kami sarankan agar Anda lebih menjaga kebersihan di daerah kemaluan, mandi 2x sehari, sering berganti celana dalam (2-3x sehari), menggunakan bahan celana dalam katun atau yang menyerap keringat atau yang tipis, dan menghindari penggunaan celana ketat, mengeringkan daerah kemaluan dan anus setelah BAK dan BAB. Pengobatan tentunya akan disesuaikan dengan penyebabnya, oleh sebab itu kami menghimbau Anda ke dokter karena diagnosis penyakit kulit akan lebih mudah didiagnosa apabila diilihat secara langsung.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan mengenai gatal dan bengkak di kemaluan. Semoga bermanfaat. Salam. 

0 Komentar

Belum ada komentar