Sukses

Agar Bayi Mau Minum Susu

09 Jul 2018, 10:53 WIB
Pria, 26 tahun.

Salam sehat dok, saya mau tanya... saya mempunyai bayi umur 4 bln 2 minggu, berjenis kelamin perempuan dengan berat badan 6,6 Kg dengan panjang 69 cm dari pertama lahir bayi saya sudah diberi sufor BMT morinaga soalnya waktu itu ASI saya belum ada jadi pihak rumah sakit memberikan bayi saya sufor BMT morinaga.. setelah pulang dari rumah sakit saya memcoba memberikan ASI dan ternyata ASI nya sedikit karena saya pekerja jadi saya memustuskan untuk membantu asupan susu nya dengan sufor, 1-3 bln minum susu nya lancar tapi sekarang kurang lebih sudah 1 bln anak saya susah sekali minum susunya sehari paling sampai 2-3 botol per 100-120 cc itu pun kalau mau tidur saja, sejak saat itu saya memutuskan untuk memberi ia makanan berat berupa Nestle cerelac beras merah sehari 3x / setengah porsi. apa kondisi seperti ini menanda kan si bayi bosan dengan sufor yg saya berikan atau kah ada hal lain.. saya minta penjelasannya dok, terimakasih

Terima kasih telah bertanya tentang Agar Bayi Mau Minum Susu melalui fitur Tanya Dokter

Mohon maaf atas keterlambatan kami menjawab pertanyaan Anda. Kami memahami kekhawatiran yang Anda rasakan. Pada dasarnya bayi usia 4 bulan masih akan bersifat instingtif, saat lapar maka ia akan meminta susu. Yang jadi pertanyaan, apakah anak Anda terkesan tidak mau minum susu formula dan hanya ingin minum asi dari Anda? Perlu dieksplorasi lebih lanjut mengapa anak tidak mau minum susu. Beberapa hal yang perlu dipertimbangkan adalah apakah terdapat alergi susu sapi atau gastrointestinal reflux disease (GERD). Bagaimana bab bayi? Apakah sering gumoh atau muntah? Apakah anak sering rewel, menangis, atau justru ceria? Apakah bayi tiba-tiba tidak mau menyusu, atau disebut 'nursing strike'?

Jika usia anak Anda <6 bulan sebaiknya hanya diberikan ASI saja (ASI eksklusif) karena ASI adalah makanan terbaik bagi bayi Anda. Sesungguhnya bila payudara terasa kosong dan ada rangsangan hisapan pada bayi, maka hal tersebut akan mendorong payudara untuk memproduksi lebih banyak lagi pada kesempatan berikutnya. Memang, awalnya bayi terasa menyedot payudara kosong (padahal selalu akan ada aliran asi, meskipun lambat). Beberapa bayi tidak menyukai aliran asi lambat, salah satu caranya adalah dengan mengayunnya selagi menyusui pada payudara yang agak kosong.

Ada baiknya bila Anda memeriksakan anak ke dokter untuk mencari apakah ada gangguan kesehatan yang menyebabkan bayi enggan menyusu atau minum susu formula (seperti GERD). Selain itu, dengan berkonsultasi pada dokter anak Anda dapat diajarkan kiat agar dapat menyusui lancar/ memperbanyak produksi asi.

Demikian penjelasan yang dapat kami sampaikan terkait Agar Bayi Mau Minum Susu. Semoga bermanfaat.

0 Komentar

Belum ada komentar