Sukses

Keluar Cairan dari Vagina Setelah Berhubungan

09 Jul 2018, 13:47 WIB
Pria, 30 tahun.

Dokter, saat saya berhubungan dengan pasangan, sudah beberapa kali keluar cairan putih berbau asam yang menyengat dari vag*na nya. apakah cairan itu menunjukkan penyakit tertentu. bagaimana solusi agar tidak keluar cairan tersebut dan hilangkan bau asamnya

Terima kasih telah menggunakan fitur TanyaDokter,

Halo!

Mengenai cairan yang anda sebutkan, apakah keluar sesaat/saat berhubungan atau setelah berhubungan?

Keluarnya cairan dari vagina setelah berhubungan intim merupakan hal yang sering terjadi. Saat berhubungan intim, terjadi proses lubrikasi vagina, sehingga cairan lubrikan. Namun cairan normal yang keluar adalah cairan yang bening dan tak berbau. Selain itu, karena saat mengalami rangsangan seksual dinding vagina menebal, cairan lubrikan tersebut dapat tertahan di dalam vagina sampai beberapa saat setelah hubungan intim selesai. 

Namun, jika ada perubahan dalam jumlah atau kualitas (warna, bau) cairan yang keluar, apalagi jika disertai oleh timbulnya rasa gatal pada daerah vagina, kemungkinan terdapat infeksi dalam vagina tersebut. Untuk mengetahui penyebabnya, perlu diketahui karakteristik cairan yang keluar, seperti warna dan baunya.

Selain cairan lubrikan, kemungkinan lain adalah keluarnya air mani dari vagina setelah berhubungan. Hal inipun adalah suatu proses normal.

Untuk memastikan keadaan pasangan anda, ada baiknya berkonsultasi dengan dokter sehingga dapat dilakukan evaluasi menyeluruh dan pemeriksaan.

Demikian informasi yang dapat kami berikan, semoga bermanfaat.

    1 Komentar

    • fikrinash

      dokter, cairannya keluar selama berhubungan, warnanya putih dan baunya asam menyengat, bukan sperma.. tapi tidak gatal di vagina