Sukses

Gusi Bengkak Dan Sakit Gigi

09 Jul 2018, 13:52 WIB
Wanita, 25 tahun.

Pagi dok, mw tanya ini saya sakit gigi sudah 2 bulan lebih dok awalnya gusi berdarah sampai sakit gigi yang tak tertahan, ini sekarang gusi masih bengkak dok, sudah berobat minum obat juga udh ga terhitung, ini gusi bengkak lama karna apa ya dok?

Terima kasih sudah bertanya dengan menggunakan fitur Tanya Dokter.

Gusi berdarah adalah salah satu tanda peradangan gusi. Tanda lainnya adalah gusi bengkak dan berwarna lebih merah dari jaringan lunak sekitarnya. Peradangan gusi atau yang dalam bahasa kedokteran disebut gingivitis dapat disebabkan oleh beberapa hal. Yang utama adalah kebersihan mulut yang buruk, di mana banyak akumulasi plak di permukaan gigi yang menjadi tempat berkembang biaknya bakteri.

Pada prinsipnya gigi yang berlubang harus dilakukan perawatan dan jangan dibiarkan, apalagi ditunggu sampai ada keluhan atau rasa sakit. Perawatan pada gigi berlubang dilakukan tergantung dari kondisi lubang pada gigi itu sendiri seperti kedalam, letak, luasnya lubang serta gigi mana yang mengalami lubang tersebut. Pada gigi yang berlubang dimana keadaannya sudah tidak memungkinkan dilakukan perawatan guna mempertahankan keberadaan dan fungsi gigi tersebut didalam rongga mulut maka pilihannya adalah pencabutan. Kondisi gigi Anda yang berlubang disertai pembengkakan gusi bisa merupakan keadaan dimana gigi telah nonvital/mati dan kemudian terjadi infeksi, namun untuk memastikan keadaan tersebut diperlukan pemeriksaan secara langsung oleh dokter gigi agar dapat dilakukan perawatan yang tepat.

Demikian informasi yang dapat diberikan. Semoga Bermanfaat.

 

0 Komentar

Belum ada komentar