Sukses

Penyebab Kesemutan

09 Jul 2018, 10:39 WIB
Pria, 18 tahun.

dok saya mau tanya, saya kesemutan dari kemarin tepatnya hari minggu setelah bangun tidur, setelah diterapi kesemutan agak sedikit hilang namun setelah beberapa jam muncul lagi. malamnya saya juga diterapi tapi malah semakin menjadi, seluruh tubuh saya kalau tidak disentuk tidak terasa kesemutan, namun setelah disentuh rasanya tubuh saya seperti ada aliran listrik yang berjalar perlahan dan saya tidak dapat merasakan bagian tubuh saya yang saya pegang, tangan, kaki, dan wajah, terkadang perutpun rasanya seperti kesemutan, cara saya mengatasinya gimana ya dok? apa ini penyakit parah?

Terima kasih telah bertanya seputar kesemutan seluruh tubuh melalui fitur Tanya Dokter. 

Kami mengerti kekhawatiran mengenai kesemutan seluruh tubuh yang Anda rasakan. Sebelum menjawab pertanyaan Anda, izinkan kami untuk menanyakan beberapa hal kepada Anda. Apakah kondisi Anda didahului trauma? Apakah kondisi Anda diikuti dengan keluhan lain, seperti sakit kepala, berat badan turun?

Secara definisi kesemutan adalah sensasi abnormal pada kulit. Gejala ini hampir pernah dialami oleh semua orang. Pada dasarnya kesemutan merupakan suatu gejala dari gangguan sistem saraf sensorik akibat rangsang listrik di sistem itu tidak tersalur sepenuhnya akibat bermacam-macam hal.

Keluhan kesemutan ini dapat berlangsung sementara atau jangka panjang dengan penyebab yang berbeda. Baberapa hal yang dapat menimbulkan kesemutan yang sementara antara lain adalah :

penekanan saraf yang berlangsung lama (seperti saat tidur, duduk bersila, dll)frekuensi napas cepatserangan panikdehidrasi (kurang cairan)kekurangan suplai darah pada tempat kesemutan, dsb.Sedangkan kesemutan kronis (jangka panjang) dapat disebabkan oleh:

gangguan otak, saraf tulang belakang atau saraf tepi, termasuk di dalamnya adalah trauma, stroke, perdarahan otak, tumor, infeksi otak dan selaputnya, penyempitan saraf (carpal tunnel syndrome), melakukan gerakan berulang atau getaran jangka panjang, dsbgangguan jantung dan pembuluh darahgangguan metabolik dan hormonal: diabetes, gula darah rendah, gangguan hormon tiroid, menopause, kadar kalsium, kalium, natrium, ureum abnormal.infeksi dan sindrom post-infeksigangguan jaringan ikat dan imunitaskelainan darah, kulit, tulang, dan sendikurang vitamin: vit B1, vit B5 dan B12keganasan/tumor otak, dsbMengingat banyaknya faktor yang dapat menyebabkan timbulnya kesemutan, idealnya perlu dilakukan evaluasi lebih lanjut oleh dokter spesialis saraf untuk mengetahui penyebab kesemutan seluruh tubuh pada diri anda. Kesemutan yang disertai dengan sakit kepala dapat disebabkan oleh adanya tumor di otak atau sumbatan pembuluh darah otak. Disamping itu, tumor pada otak biasanya juga disertai dengan adanya keluhan-keluhan lain seperti muntah-muntah, kelumpuhan kecil, dan kejang kejang. Untuk mengetahui hal tersebut (adanya tumor atau sumbatan pembuluh darah otak) dokter akan meminta anda untuk melakukan beberapa pemeriksaan penunjang seperti pemeriksaan darah, pemeriksaan CT-scan atau MRI. Dengan diketahui penyebab pastinya melalui beberapa jenis pemeriksaan maka masalah kesehatan anda dapat diterapi dengan lebih tepat sesuai penyebabnya.

Demikian informasi yang dapat kami berikan mengenai kesemutan seluruh tubuh. Semoga bermanfaat. Salam sehat.

0 Komentar

Belum ada komentar