Sukses

Alergi Tak Kunjung Sembuh

09 Jul 2018, 05:41 WIB
Wanita, 20 tahun.

Dok saya mau tanya Saya punya alergi sejak saya kelas 3SD setiap kedinginan saya selalu bento-bentol masih kesini rasanya semakin parah bahkan ketika saya kegerahan dan berkeringat badan juga bentol-bentol gatal berwarna merah dan ada di sekujur tubuh. Awalnya saya konsumsi ctm sembuh lalu saya stop tp bgt lg, saya sudah minum kapsul beraih darah jg ga berhasil, saya minum obat dan terakhir adalah cetrizine dan methile itu pun hanya bertahan bbrp minggu skrng kalau saya bri obat itu udah ga manjur. Rasanya gatel ga betah dok gatel begini setiap hari pagi siang mlm. Sampe kepikiran mau mati karena ga kuat nahan gatel dan ga sembuh" tp kan lucu masak mati karena alergi 😂😂😭 lalu saya harus bagaimana dok. Saya sudah menghindari makanan semacam telur dan ikan-ikanan, saya menjaga pola makan dan istirahat saya selain itu saya juga mandi 2x sehari. Apakah ada obat lain atau bagaimana agar alergi saya berkurang? Terimakasih sebelumnya dok.

Terima kasih telah bertanya tentang Alergi Tak Kunjung Sembuh  melalui fitur Tanya Dokter

Kami mengerti kekhawatiran Anda. Alergi adalah reaksi tubuh yang berlebihan terhadap benda asing tertentu atau yang disebut alergen. Apabila alergen masuk ke dalam tubuh seseorang, melalui berbagai cara, baik terhisap, tertelan, ataupun kontak dengan kulit, maka  sistem kekebalan tubuh seseorang yang memiliki alergi akan aktif dan menimbulkan reaksi yang berlebihan. Tidak demikian halnya dengan orang yang tidak memiliki alergi, alergen tersebut tidak memiliki pengaruh yang bermakna. 

Penyebab alergi

Pada dasarnya sistem kekebalan tubuh merupakan benteng pertahanan terhadap benda asing yang masuk ke dalam tubuh dan menyebabkan penyakit. Bila ada benda yang membahayakan atau yang disebut ‘antigen’ masuk, maka sistem kekebalan tubuh akan bereaksi dengan cara mendatangi antigen tersebut dan menghasilkan antibodi yang terdiri dari imunoglobulin (IgG, IgA, IgM, IgD, IgE). Antibodi ini akan datang ke tempat masuk antigen dan menghancurkannya. Antibodi ini bersifat protektif dan membantu menghancurkan antigen dengan menempel di permukaannya sehingga lebih mudah untuk dihancurkan. Imunoglobulin terdiri dari 5 tipe IgG, IgA, IgM, IgD dan IgE. Imunoglobulin yang dapat menimbulkan reaksi alergi adalah IgE. Pada orang alergi produksi IgE dapat sangat berlebihan 

Bila memang alergi pada Anda tercetus karena hal tertentu, maka pencetus inilah yang harus dihindari. Karena berkeringat misalnya. Saat Anda berkeringat, segeralah membersihkan tubuh dan mengganti baju dengan baju yang kering dan bersih.

Sebaiknya berkonsultasi langsung dengan dokter spesialis penyakit dalam, bahkan ahli imunologi jika memungkinkan. Agar dicari tahu dengan pasti kondisi apa yang mencetuskan alergi Anda dan Anda mendapatkan terapi yang terbaik secepatnya. 

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan seputar Alergi Tak Kunjung Sembuh . Semoga bermanfaat.

0 Komentar

Belum ada komentar