Sukses

Bintik Berair di Kaki Bayi

09 Jul 2018, 05:41 WIB
Wanita, 44 tahun.

Selamat pago dok... Perkenankan saya bertanya pada dokter, Ini cucu sy berumur 8bln, dan sekarang telapak kaki nya tumbuh bintik2 dan keluar nanah nya dok, dan itu byk sekali, dan wajahnya jg kuar bintik2 merah dan kasar seperti keringat malam gitu dok.. Sdh di bawa ke dokter anak, katanya alergy, d larang makan ini dan itu, dan sdh d jalani oleh ibunya utk tdk makan ikan sejenisnya, dn semua yg d larang dokter anak td, Tp sampai sekarang malah tambah parah dok, bahkan kedua telapak kakinya hampir penuh kdi timbuhin bintik bernanah td dok.. Mohon jawaban nya dok, obat apa yg blh d gunakan utk anak bayi, dan utk ibunya.. Terimakasih

Terima kasih telah bertanya tentang Bintik Berair di Kaki Bayi melalui fitur Tanya Dokter

Kelainan pada kulit yang awalnya berupa lentingan yang berisi airnya dapat disebabkan oleh infeksi jamur, infeksi virus seperti hepes simpleks, reaksi alergi, keracunan obat, cacar air, ataupun oleh infeksi bakteri (dikenal dengan nama impetigo). Kelainan tersebut hanya dapat dibedakan setelah dilakukan pemeriksaan fisik secara langsung dan penanganannya pun berbeda.

Pada dasarnya penyakit yang disebabkan oleh virus dapat sembuh dengan sendirinya (self limiting disease), sehingga yang diperlukan adalah upaya untuk meningkatkan daya tahan tubuh anak Anda dengan istirahat dan makan dengan gizi yang seimbang. Obat yang dapat diberikan untuk penyakit herpes simpleks dan cacar air adalah obat antivirus serta obat simmptomatik yang sesuai dengan keluhan, sementara untuk penyakit impetigo dapat diatasi dengan menggunakan salep antibiotik. Bila disebabkan karena alergi, biasanya kan diberikan obat anti histamin atau anti alergi dan obat kortikostroid untuk menekan reaksi alerginya. Bila penyebabnya adalah infeksi jamur, maka pengobatan yang tepat adalah obat anti jamur.

Sayangnya kami memiliki kesulitan untuk mendiagnosa karena terbatasnya informasi dan tanpa pemeriksaan fisik, karena sebenarnya untuk kelainan kulit, adalah penting untuk melakukan pemeriksaan secara langsung. Untuk itu, kami sarankan Anda untuk mengunjungi Dokter Spesialis Anak maupun Kulit dan Kelamin agar sang buah hati mendapatkan pemeriksaan dan penanganan yang optimal.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan seputar Bintik Berair di Kaki Bayi. Semoga bermanfaat.

0 Komentar

Belum ada komentar