Sukses

Penanganan Ginekomastia

08 Jul 2018, 17:42 WIB
Pria, 18 tahun.

dok, saya terkenda gynecomastia sudah bertahun tahun mungkin sudah 3 tahun lebih.Tapi dari payudara nya tidak ada rasa sakit atau nyeri sedikit pun.Apakah hal ini bisa disembuhkan? dan untuk melakukan terapi butuh biaya berapa ya?

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.

Kami memahami kekhawatiran yang Anda rasakan. Pembesaran payudara pada pria disebut ginekomastia. Pembesaran payudara tersebut dapat bervariasi dari segi ukuran, dapat terjadi pada seluruh payudara ataupun hanya local pada bagian tertentu. Keadaan ini dapat disebabkan oleh beberapa hal:

Proses normal seperti yang terjadi pada anak baru lahir, masa pubertas, penuaan, atau obese (kelebihan berat badan). Ginekomastia yang terjadi pada anak yang baru lahir, masa pubertas serta pada obesitas bersifat sementara dan dapat hilang dengan sendirinya seiring dengan waktu dan bertambah stabilnya kadar hormone dalam tubuh mereka.Proses tidak normal seperti masalah gangguan hormon, gangguan hati, gangguan ginjal, atau penggunaan obat-obatan seperti steroid, spironolakton, ataupun alcohol, kanker payudara, sindrom Klinefelter, benjolan atau infeksi pada testis. Ketidakseimbangan hormon pada ginecomastia terjadi karena adanya ketidakseimbangan antara hormon testosteron dan estrogen yang meningkat. Ginekomastia yang disebabkan oleh factor genetic adalah sindrom klinefelter, namun tidak semua ginekomastia dipengaruhi oleh factor genetic.Terdapat dua penanganan ginekomastia:

Operasi untuk mengangkat jaringan payudara yang berlebih,Pengobatan untuk memperbaiki ketidakseimbangan hormon.Pada kasus Anda perlu dilakukan pemeriksaan menyeluruh oleh dokter spesialis penyakit dalam dengan subspesialisasi endokrin (dokter yang menangani gangguan dan kondisi yang disebabkan oleh disfungsi hormon sebagai akibat dari disfungsi sel-sel sekresi di dalam sistem endokrin) untuk mengetahui apakah keadaan tersebut disebabkan oleh proses normal atau tidak normal guna evaluasi dan tatalaksana yang sesuai dengan penyebab yang mendasari.

Pemeriksaan yang dapat dilakukan antara lain adalah wawancara medis mendalam, pemeriksaan fisik serta pemeriksaan penunjang seperti pemeriksaan hormonal, USG payudara, mamografi, MRI, USG testis ataupun pemeriksaan penunjang lain. Setelah diketahui penyebab yang mendasari, barulah kemudian dokter spesialis penyakit dalam yang akan memutuskan untuk merujuk Anda ke dokter spesialis lain seperti dokter bedah ataupun dokter bedah plastic bila diperlukan tindakan pembedahan.

Demikian, semoga informasi ini bermanfaat.

 

Salam,   

    0 Komentar

    Belum ada komentar