Sukses

Nyeri Betis Setelah Olahraga

08 Jul 2018, 17:32 WIB
Wanita, 20 tahun.

Dok saya mau tanya, saya baru saja mau mulai rutin olahraga ringan untuk menurunkan berat badan. Namun setelah work out, dari betis hingga pergelangan kaki belakang terasa tegang & sedikit ngilu saat berjalan. Kalau seperti ini ala yg harus saya lakukan? Boleh kah saya tetap melanjutkan olahraga saya? Terima kasih dok

Klikdokter

Dijawab Oleh:

Klikdokter

Terima kasih telah bertanya tentang nyeri betis setelah olahraga melalui fitur Tanya Dokter. 

Keluhan Anda saat ini adalah nyeri betis setelah aktivitas olahraga basket. Keluhan ini salah satunya disebabkan oleh kekakuan dan kekelahan otot.

Jika benar yang Anda maksud adalah nyeri otot, keluhan Anda akan muncul terutama jika:

Anda melakukan aktifitas yang tidak biasa Anda lakukan

Anda tiba-tiba meningkatkan level intensitas gerakan anda atau meningkatkan lamanya waktu kerja.

Anda melakukan latihan eksentrik, yang malah memperpanjang bukannya memperpendek otot Anda

Perubahan-perubahan yang dilakukan dalam aktivitas yang Anda lakukan ini dapat menyebabkan cedera kecil yang disebut microdamage dalam serat otot dan jaringan ikat yang dikemudian hari akan membuat Anda merasakan sakit pada otot Anda.

Untuk itu, Kami sarankan Anda melakukan pemanasan sebelum beraktivitas guna mencegah terjadinya cedera pada otot. Sekalipun, penelitian telah menunjukkan bahwa aktifitas pemanasan tersebut tidak dapat berbuat banyak untuk mencegah nyeri atau cedera, tidak ada salahnya untuk tetap melakukannya sebelum olahraga. Beberapa bahan alami telah teruji dan terbukti mencegah sakit otot, termasuk antioksidan seperti vitamin C.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan mengenai nyeri betis setelah olahraga. Semoga bermanfaat.  

    0 Komentar

    Belum ada komentar