Sukses

Agar Tidak Mudah Sakit di Kala Sibuk

08 Jul 2018, 08:26 WIB
Pria, 27 tahun.

Perkerjaan saya supir dan sering bekerja seharian full....apa yg harus saya lakukan utk menjaga kesehatan saya agar tdk mudah terserang penyakit ?

Terimakasih telah bertanya melalui fitur Tanya Dokter.

Kami memahami kondisi Anda.

Agar tidak mudah sakit kala kesibukan melanda, berikut yang bisa Anda lakukan:

1. Menjaga pola makan

Menjalani pola makan yang bergizi seimbang menjadi salah satu kunci utama agar tubuh tetap berenergi dan berstamina. Diet kaya nutrisi –seperti karbohidrat, protein, lemak, vitamin, mineral, dan serat dapat membantu Anda.

Anda bisa mendapatkannya dari gandum, ikan, kacang-kacangan, telur, daging ayam, produk olahan susu rendah lemak, dan lainnya. Selain itu, Anda perlu menghindari makanan tinggi gula, tinggi lemak, dan makanan olahan.

Makanan-makanan tersebut memiliki kandungan nutrisi yang rendah. Dan yang lebih buruk, makanan tersebut juga bisa meningkatkan gula darah dengan cepat lalu menurunkannya kembali, sehingga tubuh mudah lelah.

2. Olahraga rutin

Sama seperti halnya menjaga pola makan yang sehat, olahraga secara rutin juga penting untuk menjaga stamina. Olahraga juga dapat menguatkan tulang dan otot, mengurangi stres, dan membuat tubuh terhindar dari berbagai penyakit.

Beberapa penyakit metabolik –seperti diabetes, tekanan darah tinggi, atau kolesterol tinggi, dapat Anda hindari dengan berolahraga secara rutin. Usahakan untuk berolahraga secara rutin minimal 30 menit setiap harinya.

3. Cukup tidur

Banyak orang mengorbankan waktu tidur saat aktivitas padat. Bila kurang tidur, stamina tubuh akan menurun.

Sebaliknya, tidur cukup sangat penting untuk menjaga performa tubuh. Tidur yang cukup dapat menjaga keseimbangan hormonal, menjaga sistem imunitas tubuh, dan memperbaiki sel-sel tubuh. Anda sebaiknya tidur cukup selama 6–8 jam sehari.

4. Konsumsi suplemen

Untuk meningkatkan daya tahan tubuh, Anda dapat mengonsumsi suplemen yang mengandung vitamin A, C, D, kalsium dan zinc.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan. Semoga bermanfaat. (FA)

    0 Komentar

    Belum ada komentar