Sukses

Bentol Merah Gatal Setelah Minum Jeruk Nipis

08 Jul 2018, 08:03 WIB
Wanita, 29 tahun.

Dok, saya mau tanya.. Saya konsumsi jeruk nipis di setiap pagi selama 1 Minggu berturut2.. Tiba2 badan saya keluar bentol merah gatal, dan bekasnya susah hilang. Bahkan terasa gatal terus menerus.. Yg tadinya hanya 1 atau 2 bentol sekarang sudah bertambah banyak dok. Yg saya ingin tahu, apakah itu pengaruh Dr konsumsi jeruk nipis atau apa ya? Sekarang saya stop dulu minum jeruk nipis nya dan konsumsi darsi..

Terimakasih telah bertanya melalui fitur Tanya Dokter.

Dari cerita Anda, sepertinya tubuh Anda mengalami reaksi alergi bisa terhadap air jeruk lemon itu sendiri bisa juga terhadap hal lain yang Anda hirup, menyentuh kulit Anda, atau yang dikonsumsi. Apakah ada penggunaan produk yang berbeda dalam 1 minggu ini?

Konsumsi jeruk nipis sendiri biasanya tidak memicu reaksi alergi. Kalaupun ada sangat jarang kejadiannya.

Reaksi alergi yang seperti ini disebut dengan urtikaria akut/biduran/kaligata. Kondisi ini tidak mengancam keselamatan jiwa dan dapat diatasi dengan obat-obatan. Anda tidak perlu panik karena gejala akan menghilang sendiri dalam beberapa hari.

Urtikaria memiliki ciri kulit kemerahan atau pucat dan sedikit menonjol dari permukaan kulit. Juga bisa didapati rasa gatal dan nyeri serta rasa panas pada bagian kulit yang mengalami  urtikaria. Urtikaria dapat diatasi dengan mengkonsumsi obat-obatan antialergi yang mengandung antihistamin maupun steroid. Contoh kandungannya ialah loratadine/cetirizine/CTM untuk antihistamin dan dexametason untuk steroid. Penggunaan obat-obat ini perlu dikonsultasikan dengan dokter. Karena itu, sebaiknya segera periksakan ke dokter untuk segera ditentukan apakah ini memang urtikaria atau bukan, serta untuk mendapatkan penanganan yang spesifik untuk kondisi Anda.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan. Semoga bermanfaat. (FA)

    0 Komentar

    Belum ada komentar