Sukses

Lidah Timbul Bercak Bulat Putih

07 Jul 2018, 22:04 WIB
Pria, 28 tahun.

Dok,sya mengalami keluhan di sekitar lidah bagian dalam...ada timbul bulat putih gitu byk dok...apa itu gejala kanker dok...soalnya gigi graham sya ada yg busuk dok....

Terima kasih sudah bertanya dengan menggunakan fitur Tanya Dokter.

Berdasarkan gejala yang anda sampaikan dugaan kami anda mengalami Geographic Tongue.

Geographic tongue adalah suatu istilah yang digunakan untuk suatu kondisi peradangan pada lidah, dimana permukaan lidah menunjukkan bercak-bercak seperti pulau, itulah mengapa disebut geographic tongue. Bercak ini terdapat pada badan lidah tapi bisa juga terdapat di samping lidah, berwarna kemerahan dengan batas putih-kekuningan yang jelas, dan umumnya berukuran kecil-kecil dan tersebar namun bisa juga hanya berupa lesi tunggal yang berukuran besar. Bercak kemerahan ini halus karena papilla lidah (kuncup pengecap) mengalami atrofi.

Pasien umumnya mengeluhkan rasa seperti terbakar pada lidah atau iritasi terutama saat makan makanan panas/pedas. Bercak/pulau ini dapat hilang sendiri lalu timbul lagi pada daerah lain pada lidah, dan kondisi ini dapat terjadi dalam jangka waktu yang lama. Penyebab dari kondisi ini tidak diketahui dengan pasti, namun dihubungkan dengan reaksi alergi/hipersensitivitas.

Dimana faktor pencetusnya adalah bisa karena diturunkan, alergi, penyakit psoriasis, faktor stres, lidah dengan fissure, dan konsumsi suatu makanan.

Geographic tongue tidak membutuhkan perawatan khusus karena sifatnya jinak dan tidak berbahaya, bahkan banyak kasus tanpa gejala apapun. Pada pasien dengan gejala, dokter akan meresepkan obat-obatan antiradang dan antibiotik jika perlu, malah pada beberapa pasien dapat sembuh dengan sendirinya. Yang bisa dilakukan adalah menjaga kebersihan rongga mulut dengan membersihkan karang gigi rutin 6 bulan sekali, menyikat gigi 2 kali sehari, menghindari faktor pencetusnya.

Kami sarankan untuk konsultasi dengan dokter gigi spesialis penyakit mulut, agar dapat dibuatkan rencana perawatan yang tepat.

Demikian informasi yang dapat diberikan. Semoga Bermamnfaat.

0 Komentar

Belum ada komentar