Sukses

Perawatan Luka Bekas Operasi

07 Jul 2018, 19:36 WIB
Pria, 32 tahun.

Bapak saya umur 63th, tgl 26 juni 2018 yg lalu habis operasi hernia. Baru pulang hari rabu 4 juli 2018, dan hari ini mulai belajar jalan sedikit-sedikit, karena sudah lama tidak beraktifitas. jalan pun sudah mulai bisa tapi msh perlahan, tiba2 pagi ini ketika sedang berjalan2 pelan ada cairan yang netes, kain kasa dari penutup lukanya tidak basah, tapi melewati sela-sela selangkangan (mohon maaf) setelah itu beliau merasa khawatir, lalu beristirahat, tapi masih keluar cairan tersebut, tidak lama kemudian badannya seperti merasa enakan. Yang saya ingin tanyakan apakah cairan itu normal terjadi pada pasien pasca operasi hernia? apakah itu berbahaya? mohon informasinya dokter. Terima kasih

Terima kasih telah bertanya tentang keluar cairan dari luka bekas operasi melalui fitur Tanya Dokter 

 

Sepertinya bekas luak operasi ayah Anda perlu diperiksa lebih lanjut jika mengeluarkan cairan. Basah/ lembab merupakan 'musuh' dari penyembuhan luka bekas operasi. Kondisi basah/ lembab menjadi sarang bertumbuhnya kuman yang bisa menyebabkan peradangan dan menunda penyembuhan luka bekas operasi. Kemungkinan utama penyebab keluarnya cairan dari luka pasca jahitan dan luka yang ibunda Anda alami adalah hal ini. Cara terbaik adalah mengganti perban/ kassa pembungkus tiap kali basah akibat keringat/ air mandi, yang terpenting adalah menjaga luka tetap kering.

Bekas luka yang basah menandakan telah terjadi infeksi luka, terutama bila telah keluar nanah dari luka tersebut. Untuk perawatannya yaitu berikan salep antibiotik, selalu ganti kain kasa pembungkus saat telah basah, dan jangan sampai luka basah saat mandi. Lebih baik Anda meminta bantuan dokter/ tenaga kesehatan untuk merawat luka tersebut.

Namun sekali lagi kami tidak melakukan pemeriksaan terhadap kondisi pasca operasi ibunda Anda. Untuk itu, sebaiknya anda kembali memeriksakan diri kepada dokter spesialis bedah yang melakukan operasi.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan tentang keluar cairan dari luka bekas operasi , semoga bermanfaat.

0 Komentar

Belum ada komentar