Sukses

Anak Bicara Belum Lancar, Apa Sebabnya?

07 Jul 2018, 11:55 WIB
Pria, 32 tahun.

dokter saya punya anak sdh umur 6thn tp ngmongnya susah dimengerti tp dia normal fisik maupun mental ?? bs minta tolong diagnosisnya dokter ?

Terima kasih telah menggunakan fitur Tanya Dokter.

Untuk menjawab pertanyaan Anda dengan lebih tajam, sebenarnya masih diperlukan beberapa tambahan informasi. Misalnya, apakah omongan susah dimengerti itu anak Anda dapat menyebutkan kata yang dimaksud hanya lafalnya dalam penyebutan kosakata belum jelas? ataukah anak Anda menggunakan kosakata yang benar-benar dibuat-buat sendiri di luar bahasa yang digunakan sehari-hari?

Apabila pelafalan belum jelas, dapat terjadi misal karena anak berusaha meniru cara bicara orang-orang di sekitarnya, kami sarankan Anda dan orang-orang di sekitar anak Anda selalu mengupayakan menggunakan pelafalan kosakata yang tepat, misalnya mengucapkan minum susu daripada "mimik cucu" untuk membantu anak mengerti kosakata lebih tepat.

Apabila anak menggunakan kosakata atau bahasa yg dibuat sendiri, Anda dapat upayakan untuk mengarahkan anak menggunakan bahasa yang disepakati di rumah.

Ada kemungkinan juga terjadi gangguan keterlambatan bicara.

Untuk itu, Anda dapat membawa anak Anda agar diperiksa oleh dokter spesialis anak atau konsultan tumbuh kembang anak.

Demikian informasi kami sampaikan, semoga bermanfaat.

0 Komentar

Belum ada komentar