Sukses

Nyeri Telinga Karena Menggunakan Earphone
07 Jul 2018, 11:57 WIB
Pria, 15 tahun.

Dok, belakangan ini saya sering mendengarkan musik, bahkan kadang saya mendengarkannya sampai tidur, kadang kadang menggunakan earphone. Saya tidak mengatur dengan volume yang tinggi. tapi kenapa akhir akhir ini telinga saya terasa agak nyeri? nyerinya hampir tidak terasa. nyerinya juga tidak sering. apa yang harus saya lakukan supaya nyerinya tidak bertambah parah?

Terima kasih telah bertanya tentang nyeri telinga akibat headset melalui fitur Tanya Dokter.

Kami memahami kekhawatiran Anda. Nyeri telinga dapat menggambarkan adanya gangguan pada telinga luar, telinga tengah, atau telinga dalam. Apakah ada kemerahan atau bengkak dari telinga Anda bagian luar? apakah terdapat keluhan lain seperti pusing berputar, demam, dan lainnya? apakah Anda mengalami nyeri kepala serta kemerahan dan nyeri bila Anda menyentuh tulang di bawah telinga Anda?

Nyeri pada telinga dapat terjadi akibat dari infeksi, trauma terhadap telinga, atau sumbatan pada saluran tuba. Daun telinga terasa nyeri saat menggunakan headset dapat disebabkan penekanan lama di daun telinga tersebut sehingga saraf dan pembuluh darah di dalam daun telinga mengalami penekanan, aliran peredaran darah menjadi tidak lancar. Suara terlampau nyaring yang keluar dari headset juga dapat menyebabkan kerusakan gendang telinga. 

Karena penyebab nyeri telinga sangat banyak, agar dapat menegakkan diagnosis, kami menyarankan Anda berkonsultasi ke dokter spesialis THT untuk dilakukan pemeriksaan fisik langsung terhadap bagian-bagian telinga Anda menggunakan alat khusus di telinga.

Demikian yang dapat kami sampaikan terkait nyeri telinga akibat headset. Semoga informasi di atas bermanfaat untuk Anda.

0 Komentar

Belum ada komentar