Sukses

Inkompabilitas ABO

07 Jul 2018, 11:30 WIB
Wanita, 28 tahun.

Dok, saya bergolongan darah O dan suami saya bergolongan darah AB. Apakah sangat berbahaya ketika bayi yg saya kandung nanti ? Apakah sangat dikhawatirkan ? Apakah pasti menyebabkan bayi kuning dan akan beresiko hyperbilirubinemia ?

Terima kasih telah menggunakan layanan TanyaDokter Klikdokter.

Kami memahami kekhawatiran yang Anda rasakan. Untuk mendapatka keturunan yang terpenting adalah terjadi pertemuan antara sel sperma yang baik dengan sel telur wanita yang baik pula. Jika yang Anda khawatirkan adalah terjadinya gangguan inkompatibilitas darah pada Anak Anda nanti, Kami akan menjelaskan sedikit mengenai golongan darah dan rhesus.

Golongan darah adalah ciri khusus darah dari suatu individu karena adanya perbedaan jenis karbohidrat dan protein pada permukaan membran sel darah merah. Dua jenis penggolongan darah yang paling penting adalah penggolongan ABO dan Rhesus (faktor Rh).

Golongan darah manusia ditentukan berdasarkan jenis antigen dan antibodi yang terkandung dalam darahnya, sebagai berikut:

  • Individu dengan golongan darah A memiliki sel darah merah dengan antigen A di permukaan membran selnya dan menghasilkan antibodi terhadap antigen B dalam serum darahnya
  • Individu dengan golongan darah B memiliki antigen B pada permukaan sel darah merahnya dan menghasilkan antibodi terhadap antigen A dalam serum darahnya
  • Individu dengan golongan darah AB memiliki sel darah merah dengan antigen A dan B serta tidak menghasilkan antibodi terhadap antigen A maupun B
  • Individu dengan golongan darah O memiliki sel darah tanpa antigen, tapi memproduksi antibodi terhadap antigen A dan B 

Setiap golongan darah manusia dibedakan menjadi A-B-O-AB karena susunan molekulnya yang berbeda-beda sehingga setiap golongan darah memiliki karakteristik dan anti gen (immunitas) yang berbeda pula. Pada kasus golongan darah anda AB dan pasangan O, kemungkinan anak akan memiliki golongan darah A atau B. Antar pasangan yang berbeda golongan draah dapat menikah tanpa beresiko terkena suatu penyakit serius akibat perbedaan golongan darah ini.

Pada saat Anda hamil terdapat peluang terjadinya reaksi pada calon bayi Anda karena reaksi imun (pertahanan tubuh) terhadap golongan darah yang lain. Hal ini umumnya terjadi pada kasus ibu dan janin yang berbeda Rhesus. Anda tidak perlu khwatir, saat ini dunia kedokteran begitu canggih dan maju. Oleh karena itu selama Anda rajin berkonsultasi dengan dokter spesialis kandungan selama Anda hamil, dan pada saat bersalin Anda ditangani oleh dokter yang kompeten maka resiko resiko tersebut dapat ditangani, silakan berkonsultasi langsung dengan dokter yang memeriksa Anda untuk mendatkan jawaban atau informasi yang lebih lengkap.

 

Demikian, semoga informasi ini bermanfaat.

0 Komentar

Belum ada komentar