Sukses

Hasil Pemeriksaan Ureum dan Kreatinin

07 Jul 2018, 08:18 WIB
Pria, 69 tahun.

Halo Dokter, Saya mau tanya mengenai kesehatan ginjal ayah saya, data yg saya input di atas adalah data ayah saya. Ayah saya penderita diabetes sudah 3 tahun. Ayah saya telah melakukan pemeriksaan Lab untuk fungsi ginjalnya dan hasilnya adalah untuk Ureumnya : 46 mg dan Creatininnya : 1,3 mg. Pertanyaan saya apakah kesehatan ginjal ayah saya sudah terganggu atau masih dalam batas normal Dok. Kalau terganggu sebaiknya apa yang harus dilakukan. Demikian pertanyaan saya. Terima kasih sebelumnya atas jawaban Dokter.

Klikdokter

Dijawab Oleh:

Klikdokter

Terima kasih telah bertanya menggunakan fitur Tanya Dokter

Kami memahami kekhawatiran Anda. Kreatinin merupakan produk sisa metabolisme otot dan sebagian kecil dari konsumsi daging. Ginjal yang sehat dapat menyaring kreatinin dan produk sisa lain dari darah untuk dibuang dengan urin. Bila ginjal tidak bekerja dengan baik, kreatinin dapat terakumulasi di dalam darah.

Pemeriksaan kreatinin biasanya bersamaan dengan pemeriksaan kadar ureum darah. Ureum merupakan hasil akhir metabolisme protein yang juga dibuang melalui ginjal. Data ureum dan kreatinin digunakan untuk memperkirakan kecepatan penyaringan ginjal.

Pada umumnya batas normal ureum pria adalah 15-38 mg/dl, sedangkan wanita 7-18 mg/dl. Kadar kreatinin normal pada pria adalah 0,7-1,4 mg/dl, sedangkan pada wanita 0,6-1,2 mg/dl.

Banyak yang menyebabkan meningktnya kadar ureum darah seperti :

  • Dehidrasi
  • Tinggi konsumsi asupan protein
  • Gangguan fungsi ginjal/gagal ginjal

dsb.

Sumber kelainan padaginjal dapat dibagi menjadi tiga yaitu : pre renal(sebelum ginjal), renal (ginjal) atau pasca renal (setelah ginjal). 

Sangat penting juga untuk mengingat bahwa dalam menginterpretasikan hasil pemeriksaan laboratorium, sangat penting untuk melihat keluhan yang dialami serta hasil dari pemeriksaan fisis. Kami menyarankan untuk berkonsultasi dengan dokter yang menangani ayah Anda, agar dapat menginformasikan hasilnya dan menyesuaikan dengan hasil wawancara medis dan pemeriksaan fisis.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan mengenai pemeriksaan ureum dan kreatinin, semoga bermanfaat.

Salam,

    0 Komentar

    Belum ada komentar