Sukses

Gigi anak Patah Dan Goyang Karena terjatuh

06 Jul 2018, 23:33 WIB
Wanita, 31 tahun.

Selamat siang dok. Anak saya usia 20bln. terjatuh dan gigi nya patah 1 . Dan 1lagi gigi nya otek. Tapi tidak rewel makan seperti biasa. Yang mau saya tanyakan apakah harus saya bawa ke dokter gigi untuk mencabut gigi nya yang otek nya. Atau akan lepas sendiri. Mohob jawaban nya dok. Terimakasih

Terima kasih sudah bertanya dengan menggunakan fitur Tanya dokter.

Perlu Anda ketahui bahwa pada masing-masing gigi mempunyai waktu pergantian dengan gigi tetap yang berbeda dan ketika gigi susu lepas sebelum waktunya maka gigi tetap tidak akan muncul sebelum waktunya atau dengan kata lain gigi tetap akan tumbuh dalam rongga mulut sesuai dengan waktu erupsinya walaupun gigi susu yang harus digantikan sudah tidak ada

Berikut adalah waktu pertumbuhan/pertumbuhan gigi tetap yang terkait pertanyaan Anda. Gigi seri sentral tetap atas (I1) akan tumbuh pada usia 7-8 tahun, gigi seri lateral (I2) pada usia 8-9 tahun, pada gigi seri sentral (i1) bawah akan tumbuh pada usia 6-7 tahun dan gigi sebelahnya yaitu gigi seri lateral (I2) 7-8 tahun.

Gigi susu mempunyai fungsi yang vital bagi pertumbuhan gigi tetap dimana gigi susu ini sebagai "penunjuk" bagi gigi tetap untuk tumbuh kedalam rongga mulut dan mempertahankan ruangan bagi gigi tetap. Selain itu gigi susu juga berfungsi dalam proses pencernaan sebagai alat pengunyahan dan juga fungsi bicara. 

Berdasarkan keterangan anda gigi yang patah bila mahkotanya masih tersisa banyak dapat dilakukan penambalan. Sedangkan gigi goyang maka bisa jadi ada patah di bagian akarnya juga. Lakukan rontgen untuk melihat kondisi akar gigi tersebut. Namun, untuk memastikannya anda harus segera berkonsultasi dengan dokter gigi untuk dilakukan pemeriksaan dan perawatan yang tepat sesuai dengan kondisi gigi anak anda.

Demikian informasi yang dapat diberikan. Semoga Bermanfaat.

0 Komentar

Belum ada komentar