Sukses

Gigi Miring Akibat Gusi Turun

06 Jul 2018, 23:27 WIB
Pria, 20 tahun.

Maaf dok saya ingin bertanya, apa bila gigi miring di sebabkan oleh gusi yang turun dan rahangnyaa yang kecil. Apa bisa giginyang miring itu kembali seperti semula dok?

Terima kasih sudah bertanya dengan menggunakan fitur Tanya Dokter.

Resesi gingiva atau yang lebih dikenal dengan sebutan gusi turun merupakan kondisi kerusakan gusi akibat mengalami penurunan yang mengarah ke arah akar gigi. Akibatnya permukaan akar gigi menjadi terbuka atau terekspos. Padahal seharusnya gusi berfungsi untuk melindungi akar gigi. Kondisi ini seringkali membuat penderitanya merasakan ngilu atau linu saat terhadap makanan dan minuman yang bersuhu panas atau dingin.

Penanganan yang dilakukan oleh dokter gigi bergantung dari beberapa hal. Hal-hal yang perlu diperhatikan adalah tingkat keparahan resesi gingiva, serta penyebab dan jenis resesi gingiva itu sendiri.

Terdapat dua macam terapi yang bisa diberikan, yaitu secara bedah dan non-bedah. Pada kasus yang ringan, dokter gigi akan melakukan perawatan dengan scaling dan root planning. Perawatan ini biasanya dikombinasikan dengan pemberian antibiotik jika memang diperlukan.

Kombinasi dari tindakan non-bedah dan menjaga kebersihan gigi serta mulut dapat membantu mengatasi resesi gingiva. Namun jika kondisi penurunan gusi cukup mengganggu Anda secara estetik, maka Anda memerlukan tindakan bedah.

Posisi gigi yang tidak rata atau posisi maju mundur harus diperbaiki karena dapat mengganggu kesehatan gigi, jaringan sekitarnya dan juga sendi tulang rahang. Perawatan yang ditujukan untuk mengatasi keadaan ini adalah perawatan orthodonti atau kawat gigi sehingga pada akhirnya akan tercapai posisi gigitan gigi rahang atas dan bawah yang normal dalam lengkung rahang serta secara otomatis nilai estetik pasien juga dapat terikoreksi.

Demikian informasi yang dapat diberikan. Semoga Bermanfaat.

0 Komentar

Belum ada komentar