Sukses

Gigi Goyang Pasca Trauma

06 Jul 2018, 23:14 WIB
Wanita, 20 tahun.

Dok, saya mau bertanya. 2 tahun lalu saya pernah kecelakaan, yang mengakibatkan 4 gigi depan saya goyang, bahkan 2 yang paling depan sangat goyang. Saya di bawa ke klinik dan saat itu gigi saya diberi kawat yg katanya untuk mengencangkan dan supaya gigi saya bisa kembali normal. Saya juga di beri obat kumur, namun saya merasa tidak cocok, karena setiap kali sesudah menggunakannya, saya merasa mual. Namun selang beberapa lama kawat itu di lepas, gigi saya 2 di depan retak, namun bukan retak timbul. Dan jika terkena angin menjadi ngilu, dan saya merasa masih belum seutuhnya menempel pada gusi, karena ketika saya dorong dengan lidah, masih terasa goyang. Itu bagaimana ya dok solusinya? Apakah lama proses penyembuhannya dok? Terimakasih sebelumnya dok

Terima kasih sudah bertanya dengan menggunakan fitur Tanya Dokter.

Untuk mempertahankan gigi yang mengalami goyang, dapat dilakukan perawatan splinting yang dikerjakan oleh dokter gigi. Splint ini berupa alat yang berfungsi mengencangkan gigi-gigi yang goyang yang disebabkan oleh kecelakaan atau trauma dan penyakit tertentu.

Kini penemuan terbaru splinting bisa menggunakan bahan Fiber, lebih nyaman dan kuat. Namun tidak semua kasus gigi goyang dapat dilakukan perawatan splinting ini dan penyebab dari goyangnya gigi tersebut juga harus dicari tahu. Ada indikasi-indikasi tertentu dalam penggunaan splinting dan dalam hal ini dokter gigi lah yang menentukan. Agar gigi menjadi kuat kembali maka dibutuhkan pertumbuhan dari jaringan penyangga gigi disekitarnya. Perkiraan bisa 1-2 bulan tergantung kondisi masing-masing individu. Cukupi asupan kalsium dan phospor anda agar pembentukan tulang alveolar lebih cepat dan kuat.

Demikian informasi yang dapat diberikan. Semoga Bermanfaat.

0 Komentar

Belum ada komentar