Sukses

Penyebab Haid Tidak Teratur

06 Jul 2018, 20:02 WIB
Wanita, 27 tahun.

selamat siang. dok. saya mau bertanya. saat ini saya sudah menikah dok, saya menstruasi di tanggal 10 April dan seelesai 14 April. akan tetapi hingga bulan juli ini saya belum menstruasi dok. Di akhir bulan kemarin saya dalam perjalanan 2 hari 2 malam dan mengalami flek satu hari. di awal bulan kemarin jg srya mengalami flek dok. Saya sama sekali tidak sedang dalam proses diet, makanan teratur , olahraga jalan kaki atau jogging, istisahat juga cukup dok. Saat ini saya sedang mencoba dengan minum ramuan kunyit asam dok. Sebelum menikah hingga bulan april kemarin saea belum pernah mengalami telat menstruasi selama ini dok, biasanya hanya telat 2-3 sati saja dok dan saya jika menstruasi biasanya berlangsung 2 hari dan paling lama 4 hari. kira-kira kenapa ya dok? apakah yang sebaiknya saya lakukan ya dok? kira-kira apakah obatnya ya dok? terima kasih dok.

Terima kasih telah menggunakan fitur Tanya Dokter untuk menanyakan mengenai Penyebab Haid Tidak Teratur.

Kami memahami kekhawatiran yang Anda rasakan.

 

Siklus haid tidak teratur dapat terjadi akibat gangguan keseimbangan hormonal dan gangguan organ reproduksi. Adapun siklus menstruasi tidak teratur umumnya terjadi akibat gangguan keseimbangan hormonal, yang dapat disebabkan oleh beberapa keadaan, antara lain:

1. Pada 3-5 tahun pertama setelah haid pertama2. Pasien dengan gangguan makan (seperti anorexia nervosa, bulimia)3. Pasien dengan indeks massa tubuh (IMT) > 304. Malnutrisi (kurang gizi)5. Stres psikologis6. Atlet7. Kekurangan vitamin K8. Penggunaan obat-obatan tertentu9. Kelainan pembekuan darah10. Gangguan hormon tiroid

Untuk mengetahui ada/tidaknya gangguan organ reproduksi memang sebaiknya dilakukan pemeriksaan USG. Kami sarankan Anda untuk berkonsultasi dengan dokter spesialis kandungan untuk dilakukan pemeriksaan ulang terkait kondisi Anda.

Demikian penjelasan yang dapat kami berikan mengenai Penyebab Haid Tidak Teratur. Semoga bermanfaat.

Salam,

0 Komentar

Belum ada komentar