Sukses

Efek Samping Anestesi Spinal
06 Jul 2018, 19:45 WIB
Wanita, 36 tahun.

Suami saya habis operasi menggunakan anestesi spinal.setelah selesai operasi 1 hari berada d rumah nyeri bagian pinggang belakang.sekarang berjalan 2 hari merasakan nyeri di bagian leher belakangnya.apabila d bawa duduk tegak terasa sakit apabila berbaring agak mendingan.apakah ini berkaitan dg efek samping dari bius anestesi spinal ?apakah ini berbahaya dok ?? mohon penjelasannya dok

Terima kasih telah menggunakan fitur Tanya Dokter untuk menanyakan mengenai Efek Samping Anestesi Spinal.

Kami memahami kekhawatiran yang Anda rasakan.

 

Ada beberapa efek samping yang dapat terjadi setelah pemberian anestesi spinal dan epidural. Di antaranya:

Tekanan darah rendah

Merupakan efek samping yang paling sering terjadi. Hal ini terjadi karena persarafan pembuluh darah ikut terpengaruh oleh obat anestesi. Akibatnya pembuluh darah melebar dan tekanan darah menjadi turun. Hal ini dapat menyebabkan timbulnya rasa melayang atau mual.

Nyeri dan rasa tidak nyaman saat disuntik

Pada orang tertentu, anestesi regional dapat sulit dilakukan atau obat tidak tersebar merata. Jika hal ini terjadi, bukan tidak mungkin prosedur harus diulang atau diganti dengan prosedur anestesi lain sehingga menimbulkan rasa nyeri atau tidak nyaman. Jika Anda merasakan nyeri tajam saat disuntik, segera beritahukan dokter agar ia dapat mengubah posisi jarum.

Mengompol atau malah sulit buang air kecil

Setelah diberikan anestesi epidural atau spinal, Anda akan sulit mengendalikan kandung kemih. Pada pria, Anda dapat jadi sulit untuk buang air kecil. Sedangkan pada wanita, rasa ingin buang air kecil dapat menghilang sehingga timbul mengompol. Tidak heran jika dokter perlu memasang kateter pada saluran kencing Anda. Jangan kuatir, efek ini hanya sementara. Kemampuan Anda untuk menahan dan mengeluarkan urine akan kembali segera setelah efek obat anestesinya habis.

Gatal-gatal

Kombinasi antara obat anestesi spinal dengan obat anti nyeri tertentu dapat menimbulkan rasa gatal di kulit. Jika hal ini terjadi, segera beritahukan perawat atau dokter.

Mual

Meski lebih sering terjadi pada bius umum, kadang-kadang mual juga dapat terjadi pada anestesi spinal.

Sakit kepala

Sakit kepala dapat terjadi setelah anestesi spinal. Meski demikian, perlu diingat bahwa penyebab sakit kepala dapat bermacam-macam, termasuk stress menghadapi operasi, dehidrasi, atau operasinya sendiri. Sakit kepala ini biasanya akan hilang dalam beberapa jam dan dapat diobati dengan obat pereda nyeri.

Untuk memastikan kondisi suami Anda diperlukan pemeriksaan secara langsung. Kami sarankan Anda berkonsultasi lebih lanjut dengan dokter yang menangani suami Anda.

Demikian penjelasan yang dapat kami berikan mengenai Efek Samping Anestesi Spinal. Semoga bermanfaat.

Salam,

0 Komentar

Belum ada komentar