Sukses

Batuk Tidak Kunjung Sembuh, Apakah TBC?
05 Jul 2018, 18:05 WIB
Wanita, 22 tahun.

Saya sering sekali setiap pagi mengalami pilek dan bersin2 tp saat siang berhenti. Tapi skrg ini tbtb saya jadi beneran pilek dan menyebabkan batuk berdahak. (Kejadian waktu bulan puasa) saat saya tidur sehabis sahur tiba2 kebangun krn sesak nafas spt banyak dahak yg ada di dada, saya ke dokter dan diksh obat batuk dan amoxilin. Tp sdh 3 minggu tdk kunjung sembuh batuknya (pilek sdh tdk ada namun batuk msh ada dgn frekuensi jarang berdahak, berdahak hanya pd pagi hari kadang berwarna kuning kehijauan, kadang putih dan selebihnya batuk kering krn gatal). Saya coba ke puskesmas tp hanya diksh rujukan utk tes TB di lab dan saya diksh 2 tube utk dahak setelah bangun tidur dan sesudah sarapan. Tp dahak saya sedikit sekali lbh banyak air liur jd tdk kelihatan jg -,- bagaimana ya utk selanjutnya?

Terima kasih telah bertanya seputar batuk tidak kunjung sembuh melalui fitur Tanya Dokter di KlikDokter.com

Kami memahami kekhawatiran yang Anda rasakan. Apakah batuk terus menerus? Atau hanya di malam atau pagi hari? Apakah ada sesak, demam, keringat malam, batuk darah, nyeri dada? Apakah Anda merokok? Sudahkah melakukan pemeriksaan dahak?

Batuk merupakan mekanisme pertahanan tubuh di saluran pernapasan dan merupakan gejala suatu penyakit atau reaksi tubuh terhadap iritasi di tenggorokan karena adanya lendir, makanan, debu, asap, dan sebagainya. Batuk terjadi karena rangsangan tertentu, misalnya debu di reseptor batuk (hidung, saluran pernafasan, telinga). Batuk yang anda alami termasuk di dalam batuk kronis. Penyebab batuk kronis bermacam-macam, diantaranya adalah:

  • Alergi dapat disertai keluhan bersin dipagi hari, gatal-gatal pada tubuh, sesak
  • Asma
  • Infeksi Tuberkulosis (TBC) ataupun infkesi micoplasma, infeksi sinus
  • Bronkitis radang pada bronkus-saluran udara ke paru-paru
  • Penyakit Paru Obstruktif Kronis (PPOK)
  • GERD (Gastro Esophageal Reflux Disease)penyakit reflux biasanya disertai keluhan ada rasa panas atau terbakar di daerah ulu hati, mual, muntah ataupun kembung
  • Penggunaan obat tertentu
  • obat golongan ACE inhibitor
  • Post Nasal Drip ada cairan di belakang hidung.

Pernakah Anda menjalani pemeriksaan rontgen dada dan spirometri?

Gejala tuberkulosis adalah batuk berdahak lebih dari 2 minggu, penurunan berat badan, tubuh menjadi lebih lemas, dan adanya keringat malam. Sementara itu, alergi juga dapat mengakibatkan batuk yang tak kunjung sembuh, selama Anda masih terpapar oleh faktor pencetus alerginya. Umumnya orang yang mengalami batuk alergi juga memiliki riwayat alergi lain, atau riwayat alergi dalam keluarga.

Sementara itu, bronkitis umumnya terjadi pada orang yang sering terpapar oleh polusi, misalnya rokok atau asap kendaraan bermotor. Batuknya kadang berdahak, kadang bisa ada sedikit sesak napas, yang kemudian akan berkurang setelah batuk.

Pastikan tubuh dalam keadaan hangat dengan memakai pakaian berlapis atau mengkonsumsi minuman hangat di kala udara dingin. Lakukan olahraga teratur, setidaknya 30 menit selama 3x seminggu untuk memperlancar metabolisme dan meningkatkan stamina.

Berikut kami lampirkan artikel yang mungkin bermanfaat:

8 Penyebab Batuk Kronis

Awas Penyakit Paru Obstruktif Kronik

Tuberkulosis Paru (TBC Paru)

Bronkitis

Untuk saat ini, sebaiknya kunjungi dokter spesialis paru untuk pemeriksaan menyeluruh terhadap batuk Anda. Pemeriksaan darah, dahak, serta rontgen dapat dilakukan untuk menentukan penyebab batuk yang sesungguhnya. Ini penting agar Anda mendapatkan pengobatan yang tepat, juga untuk mencegah komplikasi akibat penyakit yang mendasarinya.

Demikian penjelasan yang dapat kami sampaikan seputar batuk tidak kunjung sembuh. Semoga bermanfaat.

Salam,

0 Komentar

Belum ada komentar