Sukses

Menurunkan Berat Badan Setelah Melahirkan

05 Jul 2018, 13:00 WIB
Wanita, 26 tahun.

Permisi.. Numpang tanya dok saya umur 26 thn tinggi 158 berat bdan skrg 59..saya sdh 7 bln lalu habis melahirkan.status masih menyusui apakah sudah bisa diet ? Dan kalau bisa pola diet yg seperti apa disarankan..? Terima kasih.

Terima kasih telah menggunakan fitur Tanya Dokter untuk menanyakan mengenai Menurunkan Berat Badan Setelah Melahirkan.

Kami memahami kekhawatiran yang Anda rasakan.

 

Berikut ini beberapa kiat untuk mengembalikan berat badan usai melahirkan:

  • Tidak usah terburu-buru, apalagi sampai harus melakukan diet ketat. Sebab setelah melahirkan, Anda harus melalui proses menyusui. Ingat, Anda harus mendapatkan tambahan kalori selama menyusui, bukan malah menguranginya.
  • Daripada diet ketat, lebih baik Anda mengonsumsi makanan dengan gizi seimbang. Jika sedang lapar dan ingin makan sesuatu, pilihlah camilan yang sehat. Misalnya: buah potong segar, biskuit gandum, susu atau yoghurt rendah lemak.
  • Anda juga bisa mengonsumsi minuman yang diformulasi khusus untuk para pelaku diet. Tapi ingat, jangan sembarangan memilih. Pastikan minuman Anda memiliki kandungan nutrisi lengkap dan seimbang.
  • Bila masa menyusui sudah selesai, Anda bisa mulai memangkas ekstra kalori. Tapi ingat, lakukan dengan realistis dan hindari pemangkasan yang terlalu drastis.

Sebagai patokan, Anda bisa mengurangi ekstra 500– 750 kalori/ hari untuk menurunkan 0.5 kg/ minggu. Jangan lupa, penambahan berat badan saat hamil memang cukup drastis (>15 kg), jadi Anda perlu waktu lebih lama untuk menurunkannya. Bersabarlah!

Menyusui

Anda ingin menurunkan berat badan tanpa harus diet dan olahraga? Menyusuilah! Proses menyusui dapat membakar esktra 500 kalori/ hari. Bonusnya, apalagi kalau bukan nutrisi terbaik untuk buah hati Anda?

Berolahraga

Selain dapat membantu membakar kalori dan menjaga tulang serta otot tetap kuat, olahraga juga membantu Anda untuk terhindar dari baby blues syndrome. Kami bukan menakuti-nakuti, tapi beberapa wanita yang baru melahirkan bisa mengalami stres dan depresi. Pilih olahraga yang Anda sukai agar tidak merasa terbebani.Menurunkan berat badan, khususnya untuk wanita yang baru saja melahirkan, memang tidak bisa terjadi secara instan. Perlu waktu dan proses. Kunci utamanya adalah niat dan usaha. Selain itu, yang penting untuk diingat adalah hindari memforsir diri. Niscaya, hasilnya pun akan terlihat.

Demikian penjelasan yang dapat kami berikan mengenai Menurunkan Berat Badan Setelah Melahirkan. Semoga bermanfaat.

Salam,

0 Komentar

Belum ada komentar