Sukses

Usia 3 Tahun Masih Menyusui
03 Jul 2018, 10:44 WIB
Wanita, 26 tahun.

Siang dong, saya mau tanya. Anak saya usia mau 3 thn dok, salahnya saya dia sampai umur segitu gak mau lepas dari yg namanya nenen dok. Sebelum2nya saya udah pastikan klo air susu saya udah gak keluar lg, tp barusan saya kaget kok tiba2 air susu saya bisa keluar lg dok.. Ini gana dok. Anak saya apa boleh minum air susu itu dok. Takut aja dok. Makasih dok tolong dijawab.

Terima kasih Anda telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.

Kami mengerti kekhawatiran yang Anda rasakan. Dewasa ini, sudah banyak artikel yang mengulas mengenai pentingnya Air susu ibu (ASI) bagi kesehatan tubuh, baik bagi bayi maupun ibu. ASI merupakan makanan terbaik untuk bayi pada 6 bulan pertama kehidupan. Namun, setelah 6 bulan diperlukan makanan tambahan untuk membantu tumbuh kembang bayi.\

Berikut ini merupakan beberapa manfaat ASI bagi bayi:

Memberikan nutrisi paling lengkap dan ideal bagi bayi. Selain memiliki kandungan vitamin, protein, lemak yang hampir sempurna bagi tumbuh kembang bayi, ASI juga sangat mudah dicerna.

ASI mengandung antibodi yang dapat mencegah infeksi virus dan bakteri.

Mengurangi risiko diare dan muntah

Mengurangi konstipasi (susah buang air besar)

Mengurangi risiko eksim / alergi

Meningkatkan kecerdasan (IQ) anak

Setiap wanita harusnya dapat menyusui meskipun dapat muncul beberapa masalah saat menyusui seperti tidak keluarnya ASI, putting terbenam, atau infeksi payudara. Jangan pernah takut untuk mengkonsultasikan masalah menyusui kepada dokter Anda.

Keluhan Anda adalah anak pertama yang berusia lebih dari 3 tahun masih menyusu. Hal tersebut sebetulnya tidak memiliki efek samping berbahaya untuk kesehatan, asalkan asupan makanan selain ASI memadai dan mengandung gizi seimbang. Sebaliknya, jika anak pertama anda hanya mengkonsumsi ASI tanpa makanan tambahan lain, maka dapat menimbulkan masalah kesehatan seperti tak tercukupinya kebutuhan gizi(kurang gizi) hingga kerentanan terhadap infeksi penyakit. Hal ini dikarenakan, kandungan nutrisi pada ASI tidak dapat mencukupi 100% kebutuhan anak berusia di atas 6 bulan. Selain itu, perlu diperhatikan mengenai kebutuhan nutrisi anak kedua anda. Selain itu jika anak pertama Anda terus menyusu dikhawatirkan juga dapat menganggu pertumbuhan gigi serta perkembangan psikologisnya karena sangat tidak umum pada anak seusia anak pertama Anda masih menyusu.

Jika Anak pertama Anda tetap mengkonsumsi ASI, yang saat ini merupakan kebutuhan utama anak kedua Anda, hal tersebut mungkin akan menjadi masalah bagi anak kedua anda. Karena jumlah ASI yang tersedia mungkin akan berkurang dan bahkan mungkin akan tidak cukup untuk memenuhi kebutuhan anak kedua anda yang masih berusia 2 bulan. Untuk itu, kami menganjurkan agar anak pertama Anda disapih atau digantikan dengan susu formula.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat.

Salam,

0 Komentar

Belum ada komentar