Sukses

Menghilangkan Bekas Luka di Wajah

03 Jul 2018, 10:44 WIB
Wanita, 24 tahun.

Halo dok saya mau tanya . Awalnya kan dekat hidung itu ada komedo kecil cuma saya iseng di pencet krn ingin mengeluarkan si komedo itu tapi bukan nya keluar komedo yg ada malah memerah dan memar , skrg kondisinya jd seperti luka krn sy pocel juga ada berdarah nya . Sya ingin luka nya cpt sembuh soalnya mengganggu penampilan Kira kira di pakein apa ya ? Salep atau apa ? Bila diberi salep yg baik salep apa ? Kebetulan saya sedang hamil apa aman pakai salep ?

Terimakasih telah bertanya seputar bekas luka di wajah melalui fitur Tanya Dokter.

Bekas luka yang sering meninggalkan noda kehitaman kerap mengganggu estetika wajah. Noda ini biasanya berwarna coklat kehitaman dan tidak gatal. Secara medis, ini disebut dengan post-inflammatory hyperpigmentation atau hiperpigmentasi pasca inflamasi/peradangan (HPI).

HPI juga bisa terjadi karena jerawat, paparan sinar matahari, atau penggunaan kosmetik tertentu. Hilang atau tidaknya kondisi ini selain tergantung dari penyebab yang mendasari, juga sangat individual sifatnya. Ada yang dalam 1-2 minggu sudah membaik, warna kulit sudah sama dengan sekitarnya, ada yang sampai 6 bulan bahkan tahunan tetap menghitam.

Ada banyak sediaan yang dapat memutihkan HPI ini. Contoh kandungannya ialah krim hidroquinon 2%, krim vitamin C, krim tretinoin, dan krim kortikosteroid. Namun penggunaannya harus dikonsultasikan terlebih dahulu dengan dokter spesialis kulit. Demikian informasi yang dapat disampaikan seputar bekas luka di wajah. Semoga bermanfaat. 

Salam sehat,

0 Komentar

Belum ada komentar