Sukses

Penyebab ASI Sedikit

02 Jul 2018, 20:36 WIB
Wanita, 32 tahun.

Salam Dok, saya seorang busui yang mempunyai bayi baru usia 2 bulan dok, proses melahir kan scra sechar. Pertanyaan saya adalah apakah ada efek nya klo habis SC terhadp kesuburan Asi dok? Soal nya Produksi ASI saya kurang ga terlalu deras. Dan kadang suka kasian sama bayi saya kalo habis menyusu lama tapi kok masih suka nangis kaya masih lapar gitu. Dan selama 1 bulan BB nya cm naek 2ons. Oh iya kbtulan bayibsaya lahir BBLR dok, awal nya saya d anjurin oleh dokter d rs harus terus di gencar sama Asi bayi nya. Tapi pas posyandu oleh bidan malah menganjurkan harus d bantu sufor dok. Bagai mana agar ASI saya produksi nya banyak y dok padahal makanan yg saya makan sudah cukup berprotein dibtambah lagi minum susu busui dok. Sekira nya saya mohon solusi nya dok Trimakasi

Terima kasih telah menggunakan fitur Tanya Dokter untuk menanyakan mengenai Penyebab ASI Sedikit.

Kami memahami kekhawatiran yang Anda rasakan.

 

Ketika bayi baru lahir dan ASI belum keluar secara lancar, jangan langsung terburu-buru memberikan susu formula atau air gula. Secara teori, ASI akan semakin banyak mengalir bila payudara semakin sering dihisap oleh bayi. Karena itu, ingat untuk selalu sodorkan payudara setiap kali bayi menangis. Hal ini perlu dilakukan demi terlaksananya ASI eksklusif.

Produksi ASI sangat dipengaruhi kondisi psikis si ibu. Bila hati ibu tenang, bahagia, maka produksi ASI akan berlimpah. Kemungkinan hanya 1 dari 1000 wanita yang benar-benar tidak dapat menyusui.

Saat pemberian ASI, hisapan bayi dapat merangsang produksi hormon prolaktin (hormon yang dapat merangsang pengeluaran ASI). Sedangkan jumlah prolaktin yang diproduksi akan tergantung dari frekuensi dan intensitas hisapan bayi anda.

Atas dasar itu, pemberian susu formula atau air gula secara berkelanjutan tentunya dapat mengganggu atau bahkan menghentikan produksi ASI, karena bayi tidak lagi menghisap payudara ibu. Untuk itu, jangan putus asa untuk terus memberikan ASI pada bayi Anda, sodorkan ASI setiap kali bayi menangis dan usahakan untuk terus menawarkan ASI pada bayi Anda. Jika cara ini belum berhasil konsultasikan lah dengan dokter spesialis anak lebih lanjut.

Demikian penjelasan yang dapat kami berikan mengenai Penyebab ASI Sedikit. Semoga bermanfaat.

Salam,

0 Komentar

Belum ada komentar