Sukses

Seputar Menyusui

02 Jul 2018, 09:49 WIB
Wanita, 25 tahun.

Dok saya punya beberapa pertanyaan 1.bayi saya setelah menyusui pasti muntah , padahal sudah sendawa itu kenapa ya?? 2.bayi saya asi ,kendalanya asi saya terlalu encer bagaimana caranya supaya asi saya berkualitas bagus?? 3.bayi saya berat lahir rendah 2400 gram sekarang umur 2,5bulan bb nya 5kg apakah itu normal.??? 4.bagaimana tips menyusui di malam hari soalnya bayi saya tdr lelap jadi kalo mau mimik itu susah kadang mau kadang enggak mau di hisap padahal kan harus mimik 2 sampai 3 jam setelah mimik sebelumnya?? Agar bb nya bertambah . Mohon jawabannya dokter Terimakasihh

Terima kasih telah menggunakan fitur TanyaDokter di Klikdokter.com,

Halo!

1. Pertama perlu dibedakan, apakah bayi anda muntah atau gumoh? Gumoh tidak berbahaya bagi bayi, selama muntahan tersebut tidak masuk ke dalam saluran pernapasan bayi. Cara mencegahnya dengan menggendong dan ditepuk-tepuk hingga bersendawa setelah menyusui. Hindari memposisikan bayi dengan posisi tidur segera setelah selesai menyusui. Baca: Sering Gumoh Bisa Sebabkan Kurang Gizi

2. Salah satu faktor yang mempengaruhi kualitas ASI adalah gizi Ibu. Kualitas ASI tidak dinilai dari encer/tidaknya ASI tsb. Baca juga:

Kiat Menjaga Kuantitas dan Kualitas ASI untuk Bayi

Lakukan 5 Kebiasan Ini agar ASI Deras dan Berkualitas

3. Pantau terus tumbuh kembang anak anda disini. Selain itu, pantau kenaikan BB anak dengan menimbang secara rutin (sebulan sekali) dan memplot hasilnya pada kurva pertumbuhan yang dapat ditemukan pada buku KMS anak.

4. Agar dapat menyusu, bayi perlu dibangunkan walaupun sedang tidur pada malam hari. Selain itu, perhatikan tanda-tanda bayi bayi Anda cukup mendapatkan ASI:

  • Payudara Anda menjadi lebih lunak dibandingkan sebelumnya, karena telah terjadi pengosongan ASI saat menyusui.
  • Bayi Anda akan menyusu setiap 2-3 jam dan sedikitnya 8 kali dalam sehari
  • Setelah menyusui, bayi Anda terlihat tidur nyaman dan tidak rewel
  • Popok bayi basah 6-8 kali dalam sehari jika menggunakan popok kain, sedangkan pada penggunaan popok sekali pakai biasanya akan basah 5-6 kali.
  • Bayi akan BAB sedikitnya 3 kali sehari, saat bayi masih berusia dibawah 5 hari feses bayi akan berwarna hitam karena mengandung mekonium dan substansi selama didalam kandungan, namun seiring bertambahnya frekuensi menyusui bayi setelah hari kelima feses bayi akan terlihat berwarna kuning dan seiring dengan bertambahnya frekuensi menyusui, frekuensi BAB juga akan berkurang karena ASI terserap sempurna didalam tubuh
  • Berat badan bayi semakin meningkat. Pada usia 1-3 bulan, kenaikan berat badan normal sekitar 200 gram per minggu. Lalu pada usia 4-6 bulan, berat badan bayi akan naik 500-600 gram per bulan. Memasuki usia 7-9 bulan, kenaikan berat badan bayi ideal 350-450 gram per bulan pada usia 10-12 bulan.
  • Bayi Anda terlihat sehat dan aktif

Bila hal di atas ditemukan pada bayi Anda, Anda tidak perlu khawatir mengalami ASI kurang.

Demikian informasi yang dapat kami berikan, semoga bermanfaat.

 

    0 Komentar

    Belum ada komentar