Sukses

Kepala Gatal

02 Jul 2018, 09:49 WIB
Pria, 8 tahun.

Mulai lahir sampai sekarang kulit kepala terus gatal

Terima kasih telah menggunakan fitur Tanya Dokter. 

Kami mengerti kekhawatiran Anda.

Kulit kepala terasa gatal kemungkinan dapat disebabkan oleh beberapa hal, misalnya infeksi jamur, psoriasis ataupun dermatitis seboroik. Pada dasarnya, lapisan epidermis kulit kepala secara rutin akan berganti. Pada kebanyakan orang, pengelupasan kulit kepala atau penggantian lapisan epidermis ini tidak terlihat. Namun terdapat beberapa kondisi dimana pergantian sel tidak seperti biasanya atau sangat cepat. Untuk orang dengan ketombe, pergantian sel berlangsung dalam 2-7 hari, sementara bagi orang normal pergantian sel membutuhkan waktu 1 bulan. Hal ini mengakibatkan kulit kepala menjadi berminyak, berketombe dengan lapisan yang putih atau keabu-abuan.

Dalam dunia kedokteran, ketombe dikenal sebagai dermatitis seboroik. Dermatitis seboroik merupakan suatu reaksi peradangan yang berkaitan dengan proliferasi kulit normal yang disebabkan oleh jamur Pityrosposrum ovale. Dermatitis seboroik tidak hanya mengenai rambut, namun dapat juga mengenai area tubuh yang memiliki kadar sebum (minyak) tinggi lainnya seperti telinga, wajah, dada, dan lipatan kulit seperti ketiak. Pengobatannya adalah dengan menghindari faktor pencetus dan pemberian obat-obatan. Apabila memang ketombe Anda disebabkan oleh jamur, maka Anda dapat memakai produk shampo antijamur. Namun, terkadang kulit kepala yang sering gatal bisa jadi tanda serius bagi kesehatan kulit kepala. Jika kulit kepala Anda terasa tebal, berkerak, banyak bercak atau bahkan berdarah ketika digaruk, bisa jadi Anda terkena psoriasis. Psoriasis adalah penyakit autoimun yang mengenai kulit, ditandai dengan sisik disertai rasa gatal atau perih. Bila sisik ini dilepaskan atau digaruk maka akan timbul darah di bawah kulit.

Kami sarankan Anda untuk berkonsultasi dengan dokter spesialis kulit. Dokter akan melihat langsung kondisi kulit kepala Anda dan melakukan pemeriksaan lebih lanjut seperti pemeriksaan kulit, pengambilan sampel kulit dan lainnya sehingga dapat dilakukan pengobatan secara tepat karena pengobatan tersebut sangat bergantung pada penyebab yang mendasarinya.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan. Semoga bermanfaat.

    0 Komentar

    Belum ada komentar