Sukses

Telinga Terasa Tersumbat Setelah Flu

02 Jul 2018, 09:27 WIB
Wanita, 25 tahun.

Dok, saya mau tanya. Saya mengalami gangguan telinga sebelah kanan seperti tertutupi sesuatu. 2 minggu kemarin saya menderita flu tapi alhamdulillah membaik, kemudian 1 minggu setelahnya tiba-tiba kuping sebelah kanan saya sakit tidak tertahankan saat saya sedang berbaring untuk tidur. Karena sakit yang saya rasakan sudah keterlaluan jadi saya ke klinik dan dokternya bilang bahwa telinga saya infeksi karena flu dan saya disuruh diuap dan dikasih antibiotik, obat nyeri, obat pilek dan obat telinga. Setelah 3 hari diperiksa sekarang flu dan sakitnya sudah hilang tapi pendengaran saya masih seperti tertutupi sesuatu dok, belum bisa mendengar dengan jelas. Saya harus bagaimana ya dok. Apakah perlu kembali berobat atau tunggu saja? Kebetulan hal ini sangat mengganggu aktivitas saya dok

Terimakasih telah bertanya seputar disfungsi tuba eustachius melalui fitur Tanya Dokter.

Yang Anda alami adalah gangguan tuba atau saluran yang menghubungkan telinga dengan rongga hidung. Tuba ini disebut dengan Tuba Eustachius, yang menutup dan membuka ketika Anda menelan.

Eustachian tube dysfunction (ETD) atau disfungsi tuba eustachius merupakan gangguan tuba dapat menimbulkan gejala yang mengganggu tergantung jenisnya. Bila tuba yang seharusnya tertutup tidak membuka dengan normal, pasien akan merasakan rasa penuh pada telinga, sensasi popping/crackling, berkurangnya pendengaran (ringan) dan tinitus (berdenging). Pada ETD jenis lain di mana tuba terkunci pada posisi terbuka (disebut Patulous Eustachian Tube/PET), pasien umumnya mendengar suara sendiri yang bergema di dalam telinga serta telinga terasa penuh.

Penyebab ETD yang paling umum adalah lendir yang berlebihan (akibat pilek atau rinitis alergi) dan peradangan tuba akibat flu, infeksi sinus (sinusitis) atau alergi.

Untuk meredakan gejala ETD yang Anda alami umumnya diperlukan semprot hidung yang bersifat dekongestan. Namun sebaiknya Anda  memeriksakan diri ke dokter THT.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan. Semoga bermanfaat. 

Salam,

0 Komentar

Belum ada komentar