Sukses

Perbedaan Penyakit Decompensasi Cordis Dengan CHF - #251068

01 Jul 2018, 15:06 WIB
Wanita, 20 tahun.

Assalamualaikum dokter saya ingin bertanya perbedaan penyakit decompensasi cordis dengan chf itu apa ya dok....?

Terima kasih telah bertanya seputar perbedaan penyakit decompensasi cordis dengan chf menggunakan fitur Tanya Dokter di KlikDokter.com

Pengertian

Gagal jantung merupakan istilah yang digunakan untuk menjelaskan ketidakmampuan jantung untuk memompa darah ke seluruh jaringan tubuh dengan baik. Hal ini umumnya dapat terjadi akibat jantung yang melemah atau menjadi lebih kaku.

Gagal jantung bukan berarti bahwa jantung tidak mampu bekerja lagi, tetapi membutuhkan dukungan untuk melaksanakan fungsinya dengan baik. Kondisi kesehatan ini dapat terjadi pada setiap usia, namun lebih sering terjadi pada populasi dengan usia yang lebih tua. Gagal jantung merupakan kondisi kesehatan jangka panjang, namun gejalanya dapat dikontrol selama bertahun-tahun bila ditangani dengan baik.

Walaupun tidak semua kondisi yang menyebabkan gagal jantung dapat dikembalikan seperti semula, penanganan dapat diberikan untuk mengatasi tanda dan gejala dari gagal jantung. Selain itu, perubahan gaya hidup, seperti menjalani aktivitas fisik secara rutin, mengonsumsi gizi seimbang, dan mengatasi stres, dapat memperbaiki kualitas hidup.

Penyebab

Gagal jantung dapat disebabkan oleh berbagai kondisi kesehatan, seperti:

  • Penyakit jantung koroner, di mana pembuluh darah yang memberi pasokan darah ke jantung terhambat oleh lemak yang menumpuk di dalam pembuluh darah tersebut (aterosklerosis), yang dapat menyebabkan terjadinya serangan jantung.
  • Tekanan darah tinggi, yang meningkatkan upaya jantung serta dapat menyebabkan gagal jantung seiring dengan berjalannya waktu.
  • Kardiomiopati, suatu kondisi yang memengaruhi otot jantung.
  • Gangguan irama jantung (aritmia), di mana irama jantung tidak reguler.
  • Kerusakan pada katup jantung atau kondisi lain yang memengaruhi fungsi dari katup jantung.
  • Penyakit jantung bawaan, yang dapat terjadi sejak lahir dan memengaruhi fungsi normal dari jantung.

Decompensasi cordis dan gagal jantung kongestif (CHF) sama-sama gangguan di jantung tapi berbeda.

Dekompensasi cordis adalah kegagalan jantung dalam upaya untuk mempertahankan peredaran darah sesuai dengan kebutuhan tubuh. suatu keadaan dimana terjadi penurunan kemampuan fungsi kontraktilitas yang berakibat pada penurunan fungsi pompa jantung. Sedangkan Gagal Jantung Kongestif (CHF) adalah ketidakmampuan (kegagalan) jantung dalam memompa darah secara optimal. Hal ini terjadi akibat ruang-ruang pompa utama jantung (ventrikel) menjadi lebih besar atau lebih tebal, dan otot-otot jantung tidak dapat berkontraksi (mengempis) ataupun berdilatasi (melebar) sebagaimana mestinya. Kondisi ini akan memicu penumpukan cairan, terutama di paru-paru, kaki dan perut yang terlihat membengkak.

Penyebab utama CHF yaitu penyakit jantung koroner, hipertensi, kardiomiopati dan penyakit jantung lainnya. Dari sejumlah penyebab tersebut, penyakit jantung koroner (biasanya disertai dengan riwayat serangan jantung sebelumnya) adalah yang paling umum. Faktor-faktor utama yang berkontribusi pada penyakit jantung koroner meliputi: kegemukan, diet tinggi lemak jenuh dan kolesterol, tekanan darah tinggi, diabetes, merokok, dan aktivitas fisik.

Demikian informasi seputar perbedaan penyakit decompensasi cordis dengan chf yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat

0 Komentar

Belum ada komentar