Sukses

Cepat Lelah dan Kurang Bersemangat

01 Jul 2018, 08:20 WIB
Pria, 32 tahun.

Dokter saya mudah sekali lelah ,kurang bersemangat dan mudah tertidur ,terutama di pagi dan siang hari lalu saya konsultasikan ke dokter dan disarankan mengkonsumsi modafinil 200mg bagaimana menurut dokter ?

Terimakasih telah bertanya melalui fitur Tanya Dokter.

Dari deskripsinya dan dari obat yang diberikan, ada kemungkinan Anda mengalami narkolepsi.

Narkolepsi adalah suatu kelainan saraf yang mempengaruhi kondisi bangun atau tertidur. Gejala utamanya biasanya adalah kondisi gangguan tidur, di mana seseorang lebih banyak tidur pada siang hari. Gejala lainnya adalah cataplexy. 

Cataplexy adalah sebuah gejala ketika seseorang mengalami kekakuan atau kelemahan otot terutama otot-otot kaki, leher dan wajah, yang dipicu oleh emosi yang berlebihan misalnya tertawa, takut, marah, cemas. Gejala ini merupakan suatu bagian yang dapat disebabkan oleh narkolepsi.

Untuk diagnosis lebih mendetil, kami sarankan agar Anda mengunjungi dokter spesialis saraf atau dokter spesialis kesehatan jiwa (SpKJ) untuk wawancara medis dan pemeriksaan fisik lengkap. Selain itu juga mungkin diperlukan beberapa pemeriksaan penunjang lainnya. Bila memungkinkan, Anda dapat mengunjungi klinik yang memiliki klinik gangguan tidur.

Hingga saat ini memang tidak ada obat yang khusus untuk menangani narkolepsi. Umumnya, obat-obat seperti yang Anda dapatkan yang diberikan. Selain itu, Anda pun dianjurkan untuk mengubah gaya hidup seperti menghindari kafein, alkohol, nikotin dan mengatur waktu tidur dan waktu tidur siang (sekitar 10-15 menit). 

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan. Semoga bermanfaat. (FA)

    0 Komentar

    Belum ada komentar