Sukses

Ruam Popok atau Yang Lain?

01 Jul 2018, 08:09 WIB
Wanita, 1 tahun.

Salam dok,,sy mau tanya,,anak sy usia 6 bulan,,2 Minggu yg lalu ada bekas merah ruam popok di kulit bagian depan kemaluannya,,sy kasih salap sudah dua Minggu,,dan 2 hari ini sudah timbul benrtol2 merah,,padahal sebelumnya hanya berwarna merah biasa tanpa ada bentol2,,apa itu bahaya dok? Atau tanda2 sebagai pemulihan?

Terimakasih telah bertanya melalui fitur Tanya Dokter.

Kami memahami kekhawatiran Anda.

Salah satu gangguan kulit yang sering terjadi pada bayi dan balita yaitu ruam popok. Hal ini dikarenakan kulit bayi yang lebih sensitif.

Peradangan biasanya terjadi pada daerah yang ditutupi oleh popok atau sekitar popok, seperti kedua belah paha, bokong, perut bagian bawah, sekitar kelamin, serta di sekitar atas bokong dan punggung bawah.

Ruam biasanya lebih parah pada bagian kulit yang bersentuhan dengan air seni. Cara terbaik untuk mencegah dan mengatasi masalah ini adalah dengan sering melakukan penggantian popok dan jangan sampai popok terlalu kencang agar udara dapat bersirkulasi. Anda dapat mengoleskan petroleum jelly (vaselin) atau diaper cream yang mengandung zinc oxide yang bisa membantu melindungi kulit sehingga tidak terkena iritasi lebih jauh.

Ruam popok yang terjadi selama beberapa hari, walaupun popok tetap rutin diganti, bisa disebabkan oleh jamur Candida albicans. Jenis ruam popok ini berwarna kemerahan dan tidak begitu jelas, serta muncul bintik-bintik merah di sekitar bagian utama ruamnya. Umumnya, diawali di bagian-bagian lipatan kulit bayi, kemudian meluas ke bagian depan dan belakang tubuhnya. Namun, infeksi ini tidak membahayakan dan biasanya mudah disembuhkan. Obatnya merupakan salep anti jamur seperti nystatin.

Anda juga bisa mengoleskan krim yang mengandung Zinc Oxide untuk mempercepat penyembuhan kulit.

Bila anak Anda juga memiliki bakat alergi, ruam popok bisa sering timbul. Kadangkala anak tidak bisa menggunakan popok merk tertentu karena bahannya mengiritasi. Karena itu, Anda perlu memperhatikan apakah anak Anda alergi dengan popok merk tertentu.

Prinsip penanganan alergi adalah menghindari pemicunya. Karena itu, Anda perlu memperhatikan apa saja yang menjadi pemicu alergi anak Anda. Pemicu ini bisa dari apa yang dihirup, yang dimakan, yang dipakai, atau dari lingkungan sekitar.

Baca juga: 

Jika ruam popok tetap tidak membaik dengan beberapa kali terapi, silakan konsultasikan dengan dokter anak.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan. Semoga bermanfaat. (FA)

    0 Komentar

    Belum ada komentar