Sukses

Mengatasi Alergi Ayam

01 Jul 2018, 07:55 WIB
Wanita, 28 tahun.

Haloo dokter, saya mau tanya. Saya sudah lama terkena alergi kulit, sepertinya sih alergi ayam. Karena setiap saya makan ayam pasti kulit saya merah dab gatal, tetapi jenis alergi dikulitnya seperti panu gitu. Menyebar sampai kemana2. Bagian paha, kaki dan lengam saya. Kadang jika saya msuk ke air kolam renang umum pun, badan saya langsung gatal. Bagaimana cara menanggulanginya ya dr.

Terimakasih telah bertanya melalui fitur Tanya Dokter.

Dari riwayatnya, yang Anda alami sepertinya adalah eksim atau disebut juga dermatitis atopik/alergika. 

Eksim atau dermatitis alergi adalah reaksi tubuh yang berlebihan terhadap benda asing tertentu atau yang disebut alergen terhadap kulit. Dalam hal ini alergen yang membuat Anda alergi adalah protein di dalam ayam. Apakah Anda juga alergi sumber protein lain seperti telur, susu, kacang, keju, atau yang lainnya?

Apabila alergen masuk ke dalam tubuh seseorang, melalui berbagai cara, baik terhisap, tertelan, ataupun kontak dengan kulit, maka sistem kekebalan tubuh seseorang yang memiliki alergi akan aktif dan menimbulkan reaksi yang berlebihan. Gejala dermatitis alergi macam-macam, bisa berupa kemerahan, gatal, bentol, iritasi dan sebagainya.

Kendati alergi bersifat genetik, seseorang tetap memiliki risiko alergi sebesar 5-15 persen tanpa mempertimbangkan ada atau tidaknya riwayat alergi pada orangtua penderita. Mengingat banyaknya alergen di luar riwayat keluarga (genetik), hendaknya Anda memperhatikan dengan lebih teliti apa yang mungkin menjadi faktor pemicu timbulnya alergi, seperti jenis makanan, kondisi udara, atau faktor pemicu lainnya.

Alergi tidak dapat hilang sepenuhnya, yang dapat dilakukan bagi penderita alergi adalah melakukan pencegahan atau penghindaran dari materi-materi yang dapat menyebabkan alergi. Maka, penting bagi Anda untuk mengetahui apa saja yang dapat memicu timbulnya reaksi alergi Anda dan menghindarinya.

Bila ayam kerap menimbulkan reaksi alergi berulang, artinya memang itu harus dihindari sebagai pemicu. Cara lainnya adalah Anda dapat mengonsumsi obat antialergi (antihistamin) sebelum konsumsi ayam agar reaksi alergi yang terjadi tidak hebat. Namun demikian, penanganan utama memang menghindari pemicunya.

Baca juga: 4 Tip Tepat untuk Mengatasi Alergi

Kami sarankan pula agar Anda berkonsultasi dengan dokter atau melakukan uji cukit kulit (skin prick test) agar diketahui alergen lainnya yang juga memicu alergi Anda.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan. Semoga bermanfaat. (FA)

    0 Komentar

    Belum ada komentar