Sukses

Keloid Sering Timbul Kembali

01 Jul 2018, 03:06 WIB
Wanita, 16 tahun.

Dok, saya mau tanya. Tahun lalu, saya operasi besar Keloid. Awalnya luka keloid ini bekas jatuh dari motor dan tidak terlalu besar. Setelah 3 bulanan operasi berlalu, keloid saya semakin membesar dan melebar. Rencananya sekarang mau di operasi lagi, cuma apakah mungkin operasi yang kedua ini keloid nya akan menghilang dan tidak tumbuh lagi?

Terima kasih telah menggunakan layanan e-Konsultasi Tanya Dokter Klikdokter.com,

Kami memahami kekhawatiran Anda. Ijinkan kami menjelaskan sedikit mengenai keloid. Keloid merupakan jaringan parut yang tumbuh berlebihan karena proses penyembuhan yang berlebihan dan tidak juga mengecil seiring perjalanan waktu. Keloid tumbuh melebihi garis luka pada kulit dan biasanya timbul setelah 3 bulan bahkan sampai tahunan setelah terbentuknya luka.

Biasanya keloid tumbuh di daerah lengan atas, dada, punggung, cuping telinga, pipi dan anggota gerak. Kita dapat mengidentifikasi keloid dengan memperhatikan adanya jaringan yang menimbul, keras, tidak beraturan, berbatas tegas dan biasanya berwarna coklat dan keputihan pada daerah bekas luka. Keloid secara umum tidak berbahaya, namun terkadang keloid tersebut dapat terasa gatal dan nyeri.

Penanganan Keloid

Hingga saat ini, keloid merupakan masalah kulit yang paling pelik dan seringkali membuat dokter maupun pasien frustasi. Ini disebabkan karena keloid merupakan kelainan yang sering kambuh kembali meskipun telah berhasil dihilangkan.

Penanganan keloid harus disesuaikan dengan ukuran keloid itu sendiri. Keloid yang berukuran kecil biasanya cukup ditangani dengan krioterapi (bedah beku). Keloid yang berukuran sedang biasanya cukup efektif ditangani dengan suntikan kortikosteroid. Penanganan dengan operasi dikombinasi dengan suntikan kortikosteroid atau terapi lain nampaknya merupakan pilihan terbaik saat ini untuk menangani keloid yang berukuran cukup besar atau yang kambuh dan sulit diatasi. Pada sebagian besar kasus, terapi tersebut cukup efektif untuk menekan pertumbuhan keloid. Namun perlu diperhatikan, pemberian suntikan kortikosteroidpun tidak dapat hanya satu atau dua kali dilakukan, melainkan harus berkelanjutan hingga dianggap cukup untuk menekan perkembangan keloid itu sendiri. Terdapat beberapa alternatif terapi lain seperti laser dan salep yang dioleskan pada keloid. 

Ada dapat berkonsultasi tentang terapi yang terbaik untuk Anda dan lama pemberiannya dengan Dokter Kulit atau Bedah Plastik anda agar mendapatkan hasil yang optimal.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan. Semoga bermanfaat.

0 Komentar

Belum ada komentar