Sukses

Patah Tulang Selangka 1 Bulan yang Lalu

30 Jun 2018, 08:23 WIB
Pria, 28 tahun.

Dok sya 1bulan kmaren kecelakaan dan dirongsen ternyata patah tulang selamgka dan beronat ke bengkel tulang alternatip setelah satu bulan dirongsen lagi posisi nya masi sama blum menyambung.. Klo sekarang mau di pen apakah masi bisa menyambung saya liat posisi tulang tumpangtimdih.. Dan berapa biaya pemasangan pen

Terima kasih telah bertanya seputar patah tulang selangka menggunakan fitur Tanya Dokter

Kami memahami kekhawatiran Anda dan turut prihatin atas kondisi yang menimpa Anda. Yang Anda alami ialah patah tulang selangka/klavikula. Klavikula merupakan tulang panjang dan sebagian besar patahan tulang terjadi pada bagian tengah tulang tersebut. Patah tulang selangka, memang paling sering disebabkan akibat terjatuh dan bertumpu pada bahu atau lengan yang terbentang.

Pada kasus Anda, "patah tulang tidak sempurna" dalam arti ujung-ujung fragmen tulang yang patah tidak keluar dari tempatnya, sehingga ini tidak memerlukan pembedahan. Bila patahan sudah dalam posisi sejajar, tulang selangka yang patah dapat sembuh tanpa operasi. Cara-cara non-operatif yang digunakan yaitu:

Penggunaan Arm Support berupa arm sling.

Obat antiyeri 

Fisioterapi. Ketika Anda menggunakan sling, kekuatan otot bahu Anda akan berkurang sebab lengan relatif jarang digunakan. Ketika tulang-tulang mulai menyembuh, nyeri akan berkurang dan Andan dapat melatih bahu dan siku dengan gerakan-gerakan ringan. Gerakan-gerakan ini akan mencegah kekakuan dan kelemahan otot. 

Kunjungan lanjutan dengan dokter secara rutin, termasuk pemeriksaan rontgen ulang untuk memastikan penyembuhan tulang pada tempatnya.Baik terapi operasi maupun tanpa operasi untuk patah tulang selangka ini, penyembuhannya memakan waktu berbulan-bulan. Pada orang yang diabetes atau merokok, lama waktu penyembuhannya akan lebih lama lagi.

Tulang selangka yang patah dapat pulih sempurna. Sebagian besar orang dapat kembali melakukan aktivitas normal dalam 3 bulan setelah cedera yang dialami. Selalu diskusikan dengan dokter Anda kapan waktu yang tepat bagi Anda untuk beraktivitas normal. Bila penyembuhan belum sempurna dan sudah dipakai untuk beraktivitas normal, ada risiko patah kembali atau fragmen patahan tulang akan berubah tempatnya. Hal ini akan membuat Anda harus mengulang kembali seluruh pengobatan dari awal. 

Mengingat kejadian yang dialami sudah satu bulan yang lalu, untuk menentukan tindakan yang dapat dilakukan kepada Anda dibutuhkan pemeriksaan langsung oleh dokter spesialis bedah tulang (ortopedi). Biaya akan berbeda tergantung masing dokter dan rumah sakit. Kami sarankan Anda langsung menghubungi bagian informasi di rumah sakit yang akan dituju untuk mengetahuinya. Anda dapat pula mencoba menggunakan fasilitas BPJS.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan. Semoga bermanfaat.

0 Komentar

Belum ada komentar