Sukses

Kaki Mengecil Sebelah dan Sakit

30 Jun 2018, 07:59 WIB
Pria, 53 tahun.

Selamat pagi dok. Bapak saya kaki sebelah kiri mengecil dan sakit. Kadang terasa panas dan bengkak. Sekarang beliau susah untuk jalan dan tidak mau makan karena muntah. Badannya jg jadi kurus dok. Mohon infonya sakit apa itu ya dok? Trus bagaimana penyembuhannya? Dokter apa yg hrs dituju? Terimakasih

Terima kasih telah bertanya menggunakan fitur Tanya Dokter

Kami memahami kekhawatiran Anda. Berapa usia ayah Anda? Sejak kapan ayah Anda mengalami keluhan tersebut?  Apakah sebelumnya ada riwayat, stroke, diabetes melitus, tekanan darah tinggi? Apa ada riwayat demam? terjatuh?

Kaki yang mengecil sering ditemukan pada kondisi seseorang yang tirah baring dalam waktu cukup lama sehingga tidak menggunakan otot kakinya dengan maksimal. Misal, sehabis operasi dan lain sebagainya. Dapat juga terjadi pada keadaan lain misal ada gangguan saraf ataupun penyakit autoimun. Oleh seba itu, butuh pemeriksaan langsung oleh dokter untuk mengetahuinya.

Keluhan mual muntah, nafsu makan berkurang memang umumnya dikeluhkan pada usia lanjut. Keluhan-keluhan ini dapat dikumpulkan menjadi suatu sindroma (kumpulan gejala) geriatri. Sebagai terapinya, selain dengan obat-obatan medis, lebih ditekankan juga pada pendekatan psikologis. Bila keluhan hanya berlangsung sesekali maka sebaiknya anda maupun keluarga lain terus mendorong ayah Anda untuk dapat menekan atau menahan keluhan mual yang dirasakannya, dan meningkatkan nafsu makannya agar kondisi tubuhnya cepat membaik.

Namun pada beberapa keadaan dimana terdapat adanya gangguan penyakit degeneratif dan metabolik lainnya dan menyebabkan keluhan mual dan muntah hebat, dimana makanan atau minuman tidak dapat masuk ke dalam tubuh, yang harus Anda lakukan segera ialah membawa orang tua Anda ke rumah sakit untuk mendapatkan infus cairan. Infus merupakan pengganti asupan nutrisi dan cairan yang dibutuhkan ayah Anda. Jika terlambat, maka dapat menyebabkan dehidrasi, pada dehidrasi berat dapat menyebabkan gangguan fungsi organ tubuh hingga kematian. Selain itu, saat perawatan di rumah sakit oleh dokter, dokter akan mencari penyebab yang mendasari keluhan orang tua Anda tersebut.

Kami sarankan agar Anda melakukan konsultasi lebih lanjut dengan dokter spesialis penyakit dalam mengenai kondisi yang dialami ayah Anda, agar bisa mendapatkan penanganan cepat dan tepat.

Demikian yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat.

0 Komentar

Belum ada komentar